Apa yang Terjadi Jika Indonesia Hingga Saat Ini Belum Merdeka?

Fidi WP
282

WAWASANPROKLAMATOR-, Sudah 77 tahun Indonesia merdeka. 77 tahun bukanlah angka yang terbilang muda. Banyak lika-liku bangsa ini untuk merdeka. Tak sedikit pengorbanan yang sudah disuguhkan oleh pejuang bangsa untuk mencapai  satu tujuan kebebasan, yaitu kemerdekaan.

Namun, pernahkah terpikir, apa yang akan terjadi jika masa sekarang Negara Maritim ini belum merdeka? Adakah terbesit bayangan bagaimana jadinya nasib bangsa ini ketika tidak mengumandangkan Teks Proklamasi yang menjadi awalan kemerdekaan Indonesia?

Diambil dari sudut sosial, masa kini masyarakat Indonesia menjunjung tinggi semboyan bangsa Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti walaupun berbeda tetapi tetap satu jua. Jika hingga saat ini Indonesia belum merdeka, maka tak akan ada semboyan tersebut. Sebab, di masa kolonial menurut jurnal Perspektif Sosial Budaya dalam Perkembangan Sejarah Kebangsaan Nasional karya Haryono Rinardi, Indonesia terbagi dalam tiga kelompok, yakni Indo-Eropa, Asia, dan Bumiputera.

Bisa dibayangkan akan semarak apa diskriminasi di kalangan masyarakat. Hal itu bisa berdampak pada kaum yang menjadi sasaran diskriminasi. Mereka akan merasa tidak aman jika harus bepergian, karena menjadi ‘santapan segar’ dari masyarakat yang melakukan tindakan tidak menyenangkan tersebut.

Jika ditelusuri dari bidang pendidikan, dewasa ini banyak ilmuwan, profesor, bahkan pelajar yang mengharumkan Bangsa Indonesia dengan penemuan dan karya yang dihasilkannya. Itu semua didapatkan karena negara kita sudah memberikan bahkan mewajibkan masyarakatnya untuk menempuh pendidikan wajib selama 12 tahun mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Zaman kolonial dahulu, hanya kaum ningrat atau keturunan bangsawan yang bisa mengenyam pendidikan. Sebab itu, banyak sekali masyarakat Indonesia yang mengalami buta huruf dan tidak bisa berhitung. Jika hal tersebut masih berlanjut hingga sekarang, maka Indonesia akan menjadi negara dengan tingkat pendidikan terendah di dunia karena banyak masyarakatnya yang tidak bisa membaca, menulis, bahkan berhitung.

Indonesia beruntung sudah bisa merdeka sejak 17 Agustus 1945 silam. Sebab, jika tidak, maka hal-hal yang disebutkan tadi akan terus berlanjut hingga masa yang serba canggih ini. Semoga dengan merdekanya Indonesia bisa membawa negara menuju hal-hal positif yang akan dicapai kedepannya.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Problematika Merdeka Berpendapat dan Keterbatasan dalam Berargumen
Sudahkah Kita Merdeka Seutuhnya?

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Problematika Merdeka Berpendapat dan Keterbatasan dalam Berargumen
Sudahkah Kita Merdeka Seutuhnya?
Menu