Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah

Jeje WP
482

WAWASANPROKLAMATOR,- Rupiah adalah mata uang resmi yang berlaku di Negara Repulik Indonesia. Kata ‘rupiah’ berasal dari kata ‘rupee‘, mata uang negara India. Dulu kala pada masa penjajahan, Indonesia menggunakan mata uang Gulden Belanda sebagai alat pembayaran sejak 1610 hingga 1817. Setelah 1817, mata uang tersebut dikenal dengan Gulden Hindia Belanda.

Rupiah resmi menjadi mata uang negara Indonesia pada 1949, menggantikan Gulden Hindia Belanda. Mata uang ini dicetak dan diatur langsung pemakaiannya oleh Bank Indonesia (BI) dengan kode ISO 4217 IDR. Dengan cara tidak formal, masyarakat Indonesia menyebutnya dengan ‘perak.’

Rupiah sangat banyak fungsinya dan juga sangat penting kedudukannya di perekonomian Indonesia. Oleh karena itu kita harus Cinta, Bangga, dan juga Paham akan adanya Rupiah di negara kita.

Cinta Rupiah adalah perlakuan yang kita tunjukkan untuk memperlakukan rupiah secara tepat dan menjaganya dari oknum-oknum jahat yang senantiasa memalsukan uang demi kepentingan pribadi. Kecintaan terhadap rupiah sama saja dengan kita menghormati bangsa kita sendiri. Kecintaan terhadap rupiah dapat membantu menjaga kestabilan nilai mata uang kita. Lalu, latar gambar peta yang berada di belakang uang rupiah melambangkan, rupiah merupakan simbol pemersatu bangsa Indonesia.

Wujud rasa cinta kepada rupiah dapat dilihatkan dari cara kita mengenali karakteristiknya. Selain itu, mencintai rupiah bisa juga kita tunjukkan dengan cara menjaga dan merawat uang rupiah. Uang rusak atau tidak layak pakai akan susah dikenali keasliannya. Jangan pernah merusak uang rupiah dengan sengaja seperti mencoret, membasahi, meremas, atau bahkan dengan sengaja merobek uang.

Bangga Rupiah adalah di mana kita merasakan perasaan mengakui sesuatu, maka perwujudan bangga rupiah dapat ditunjukkan dengan cara selalu menggunakan uang rupiah sebagai alat pembayaran dan juga transaksi yang sah. Dengan kita selalu menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran dan transaksi, kita telah ikut membantu menjaga kestabilan nilai tukar rupiah. Kita juga harus bangga kepada rupiah karena merupakan alat pembayaran yang sah, sebagai pemersatu bangsa, serta sebagai simbol kedaulatan NKRI.

Paham Rupiah adalah ketika kita paham mengenai arti dari suatu hal yang kita ketahui. Paham Rupiah dapat kita tunjukkan dengan cara mengetahui dan memahami rupiah sebagai nilai tukar dan cara menggunakannya. Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah sebagai identitas dan simbol kedaulatan Negara Indonesia haruslah menjadi sebuah bentuk perhatian masyarakat terhadap kedaulatan dan persatuan bangsa. Seperti yang telah dipahami, rupiah berisikan lambang dan keanekaragaman yang ada di Indonesia. Keberagaman inilah yang harus kita jaga selamanya.

Dengan menerapkan Cinta, Bangga, dan Paham rupiah sama saja kita telah ikut membantu menjaga perdaulatan Indonesia. Oleh karena itu, marilah  sama-sama menyadari betapa pentingnya rupiah di negara kita.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Cosplay Contest Annari Festival Berikan Pengalaman Menarik Bagi Peserta
PKKMB Akan Hadirkan Narasumber Nasional untuk Ciptakan Semangat Belajar Mahasiswa

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Cosplay Contest Annari Festival Berikan Pengalaman Menarik Bagi Peserta
PKKMB Akan Hadirkan Narasumber Nasional untuk Ciptakan Semangat Belajar Mahasiswa
Menu