Pentingnya Menjaga Kesehatan dengan Pola Hidup Sehat

Aiysa Wulandari
14,143
Hidup Sehat. Wawasan Proklamator

WAWASAN PROKLAMATOR,- Hingga saat ini Indonesia masih berjuang untuk melawan virus Covid-19. Setiap harinya kasus angka positif Covid-19 selalu bertambah. Masyarakat diingatkan oleh pemerintah agar mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan, baik dari menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak karena hal tersebut menjadi kebutuhan kita semua sejak adanya pandemi.

Tentu tidak mudah menghentikan penyebaran virus Covid-19. Untuk itu kita dianjurkan meningkatkan imun tubuh supaya dapat menangkal virus Covid-19. Salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat merupakan hal yang wajib kita lakukan, terutama pada masa pandemi. Dengan memilah dan mengatur pola hidup sehat, tentunya tubuh kita akan merasakan banyak manfaat. Kita hanya perlu memperhatikan kebiasaan kecil sehari-hari dan mengubahnya supaya lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Semua orang pasti ingin selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Sebab, dengan tubuh dan pikiran yang selalu sehat, kesejahteraan hidup dapat meningkat. Menjaga kesehatan pun nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan, salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari.

Gaya hidup sehat adalah sebuah komitmen jangka panjang untuk menjaga atau melakukan beberapa hal agar mampu mendukung fungsi tubuh, sehingga berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat adalah menjaga asupan makanan sehat dengan diet dan nutrisi, berolahraga, melakukan kegiatan positif untuk menghindari stres, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan hal ini, maka kualitas hidup pun bisa meningkat dan membawa pengaruh positif bagi lingkungan.

Adapun pola hidup sehat diantaranya:

1.      Ketahui kondisi kesehatan saat ini

Apakah mengalami gejala sakit atau tidak, butuh vitamin atau memiliki alergi atau tidak

2.      Lakukan aktivitas fisik serta olahraga

Perhatikan kembali rutinitas Anda sehari-hari. Apakah aktivitas anda hanya didominasi dengan duduk dan mengetik di komputer sepanjang hari? Bila iya, berarti Anda kurang bergerak aktif.

Padahal, para ahli merekomendasikan setiap orang untuk berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit setiap minggu untuk mengencangkan otot. Oleh karena itu, luangkan waktu dengan berolahraga.

3.      Hentikan kebiasaan buruk yang merugikan organ tubuh sendiri

Hal ini seperti berhenti merokok dan juga minum alkohol.

4.      Konsumsi makanan sehat dan cukupi kebutuhan cairan

Konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah secara teratur, guna mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Anda bisa mulai mengolah makanan sendiri sebagai salah satu upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan makanan yang dikomsumsi.

Selain itu, anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, dengan minum air putih setidaknya 6–8 gelas setiap harinya. Terpenuhinya cairan tubuh dapat menjaga fungsi seluruh organ dan mencegah berbagai penyakit, seperti dehidrasi dan konstipasi.

5.      Mengatur emosi atau menghidari stres

Stres adalah hal yang sulit untuk dihindari. Namun, anda bisa belajar mengelolanya dengan meluangkan waktu untuk rileks, baik dengan melakukan hobi atau melakukan meditasi. Mensyukuri hal-hal yang sudah anda capai dan miliki juga bisa membuat jiwa lebih tenang.

6.      Cukupi waktu istirahat

Istirahat cukup adalah kunci untuk mewujudkan tubuh dan pikiran yang sehat. Usahakan untuk tidur setidaknya 7–8 jam setiap malamnya dan bangun di jam yang sama.

7.      Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Selalu jaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker, dan tetap menjaga jarak. Hal ini sangat berguna untuk menghindari penyebaran virus Covid-19, kita harus menjaga kebersihan diri serta lingkungan agar tidak terpapar  virus.

(Cawan WP : Aiysa Wulandari)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Mahasiswa
Lebih Dalam Mengenal Bullet Journal

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Mahasiswa
Lebih Dalam Mengenal Bullet Journal
Menu