Mengenal Basic Skincare

Cawan WP: Feby Afifah Salfitri
267
Sumber foto: Kompasiana.com

WAWASAN PROKLAMATOR,- Basic skincare adalah tiga tahapan memakai skincare dasar untuk pemula yang bingung tentang jenis kulitnya. Tiga tahapan itu terdiri dari pembersih, yaitu face wash dan facial foam, pelembab (moisturizer), dan pelindung yaitu sunscreen. Tahapan skincare yang mendasar ini penting agar skin barrier (pelindung kulit terluar) tidak rusak, jika pelindung tersebut sehat maka akan terhindar dari kulit kemerahan, kering, dan gatal.

Tahapan pertama memakai basic skincare adalah mencuci wajah menggunakan salah satu dari face wash atau facial foam. Perbedaannya yaitu, face wash ketika diusapkan ke wajah cenderung tidak mengeluarkan banyak busa bahkan tidak ada, cocok digunakan untuk kulit yang terasa kering, sensitif, dan normal karena teksturnya yang berupa gel dan cream, umumnya dilengkapi dengan kandungan yang melembapkan wajah. Facial foam ketika disapu ke wajah akan mengeluarkan busa melimpah yang berfungsi menyerap kelebihan sebum atau minyak di kulit wajah, cocok digunakan untuk kulit yang terasa berminyak dan rentan berjerawat.

Tahapan kedua yaitu memakai pelembab atau moisturizer. Hal ini sangat penting agar mencegah timbulnya masalah kulit yang lain seperti jerawat dan wajah berminyak. Fungsi pelembab ini yaitu untuk mengontrol minyak di wajah sehingga kulit bisa terhidrasi dengan baik dan menjaga skin barrier tetap sehat.

Terakhir adalah menggunakan sunscreen untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Walaupun beraktivitas di dalam ruangan harus tetap memakai sunscreen karena cahaya matahari tetap bisa masuk melewati jendala atau celah ventilasi. Untuk aktivitas dalam ruangan cocok menggunakan sunscreen Sun Protection Factor 30 (SPF 30) dan untuk aktivitas luar ruangan wajib memakai SPF tinggi seperti SPF 50.

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Jangan Pendam Masalah Sendiri, Karena Berbagi Cerita Bukanlah Sebuah Dosa
Masuki Libur Semester, Pedagang Sekitar Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta Keluhkan Penurunan Omzet

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Jangan Pendam Masalah Sendiri, Karena Berbagi Cerita Bukanlah Sebuah Dosa
Masuki Libur Semester, Pedagang Sekitar Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta Keluhkan Penurunan Omzet
Menu