Sunday, September 19, 2021
Nilai KKN Rendah, Mahasiswa FTI Protes

Nilai KKN Rendah, Mahasiswa FTI Protes



WAWASAN PROKLAMATOR,- Semenjak Senin (15/10/2012) sore kemarin ada yang berbeda di depan ruangan Badan Eksekutif Masyarkat Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (BEMM FTI) Kampus III Universitas Bung Hatta. Sebuah spanduk putih berukuran 1 x 3 m terpasang menghadap ke gerbang kampus.

Sesekali  mahasiswa, dosen maupun karyawan di Kampus III UBH mecuri-curi pandang melihat tulisan yang terpampang itu. Dalam barisan pertama spanduk tersebut tertuliskan "Terimakasih Kepada Bapak Rektor Universitas Bung Hatta Atas Penilaian KKN-PPM Yang Rendah".

Kemudian dibarisan kedua dituliskan "Selamat Sukses Kepada Wisudawan dan Wisudawati ke-57 Universitas Bung Hatta" untuk kalimat terakhir dari spanduk itu "Damai Itu Indah" "Salam Mahasiswa".

Spanduk tersebut berisi kekecewan masyarakat mahasiswa FTI yang mengikuti KKN-PPM terhadap hasil penilaian yang dikeluarkan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) seperti yang diungkapkan mahasiswa jurusan Teknik Mesin berinisial DK, Selasa (16/10/2012).

Menurutnya, hasil penilaian DPL ini sangat mengecewakan karena sistem penilaiannya seperti apa? kenapa banyak nilainya yang tidak sesuai dengan kinerja mahasiswa selama KKN.

"Masa selama sebulan lebih di nagari orang, sudah susah payah banyak mengeluarkan uang pula,  toh kenyataannya nilai yang mereka dapat tidak memuaskan," ujarnya.

"Wajar saja jika banyak mahasiswa yang protes bahkan dari KKN ini banyak mahasiswa angkatan 2008 yang panding wisudanya," tambahnya.

Senada dengan itu, Komo juga mengungkapkan hal yang sama seperti DK. "Jika setiap akhir KKN bermasalah terus mending ditinjau lagi pelaksanaan KKN ini," jelasnya.

Spanduk ini aksi kecil yang dilakukan masyarakat mahasiswa FTI dengan membubuhkan tandatangan dan terdapat beberapa kalimat protes dan kekecewaan. Kalimat tersebut seperti "KKN makasih untuk nilai rendahnya" "Walupun sedikit bergerak daripada tidak sama sekali" "Apakah anda tau dan mengerti arti sebuah nilai bagi kami".

DK dan Komo merupakan satu dari 126 mahasiswa FTI yang mengikuti KKN. Sekedar informasi penilaian KKN  25 % berasal dari hasil pembekalan dan 75 % berasal dari DPL, KKN ini dilaksanakan UBH untuk kedua kalinya pada 02 Agustus - 14 Sepetember 2012 lalu.

Protes di Dunia Maya

Protes mengenai penilaian KKN tidak hanya melalui spanduk yang dilakukan masyarakat mahasiswa FTI saja tapi di situs jejaring sosial Facebook.

Sebut saja mahasiswa yang memiliki akun "Drajat Soul-ija" yang dipostingkan 10 oktober 2012 di grup Posko KKN-PPM UBH 2012, "Bapak/Ibu panitia KKN..........saya ingin bertanya....apa standarisasi penilaian KKN ini?????????????"

Lain halnya dengan mahasiswa yang memiliki akun "Harry Ndut" yang dikirimnya 09 Oktober 2012 pada grup yang sama, "Maaf pak, knpa nilai saya C saya harus meninggalkan pekerjaan saya demi kkn.. smentara biaya kuliah saya dr pkerjaan itu.. kebijakan dr lppm sya hrapkan.. tlong pak.."

Grup Posko KKN-PPM UBH 2012 ini merupakan akun resmi yang dibuat Humas UBH untuk memberikan informasi kegiatan keseharian selama KKN baik masukan maupun kritikan. 

Semenjak penilaian hasil KKN 2012 keluar, banyak mahasiswa yang protes dimulai dari nilai yang rendah dan kejelasan sistem penilaian dari DPL dan LPPM UBH.

(Ubay WP)

WasasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai