Sunday, September 19, 2021
Melalui PKKMB, FTSP Universitas Bung Hatta Siap Cetak Mahasiswa Unggul

Melalui PKKMB, FTSP Universitas Bung Hatta Siap Cetak Mahasiswa Unggul



WAWASAN PROKLAMATOR,- Hari kedua Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Bung Hatta 2021 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), terbagi kedalam lima Program Studi (Prodi). Kelima prodi tersebut diantaranya ,Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Ekonomi Konstruksi, dan Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil. Kegiatan ini dilakukan secara Dalam Jaringan (Daring) via Zoom Meeting, Selasa (14/09/2021).

Kegiatan PKKMB FTSP Universitas Bung Hatta dihadiri Ketua Pelaksana (KP), Indra Khaidir,M.Sc, Dekan FTSP, Prof.Dr.Ir.Nasfryzal Carlo,M.Sc, Wakil Dekan FTSP Dr. Al Busyra Fuadi,S.T.,M.Sc dan Ir.H.Indra Farni,M.T.,IPM , Dosen sekaligus Alumni Teknik Sipil Universitas Bung Hatta, narasumber dalam penyampaian materi  Kiat Sukses Kuliah. Turut hadir Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa  (BEM) FTSP, Ristanto Oktasani dan Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FTSP, Eko Rafiando dalam sesi Perkenalan Lembaga Mahasiswa.  

Adapun moderator yang memandu kegiatan adalah Embun Sari Ayu,S.T.,M.T. PKKMB FTSP 2021 ini diikuti 297 mahasiswa baru, dikhususkan untuk pengenalan struktur kepengurusan yang ada di FTSP dan lembaga mahasiswa, pengenalan sistem informasi manajemen, sosialisasi peraturan akademik dan tata tertib mahasiswa.

Indra menyampaikan, perubahan serta tanggung jawab yang akan diemban oleh seorang mahasiswa. Sebagai mahasiswa akan menjadi tumpuan harapan bagi orang lain agar mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

“Esensi kegiatan PKKMB adalah memperkenalkan secara dini lingkungan kampus tempat perkuliahan khususnya FTSP Universitas Bung Hatta. Memulai kehidupan sebagai mahasiswa secara tidak langsung menjadi tumpuan harapan besar baik untuk diri sendiri, keluarga, bangsa dan negarapun akan lebih besar,” ujarnya.

Indra turut berpesan, kemampuan softskill dan leadership perlu diasah bagi mahasiswa. Hal tersebut akan berpengaruh dalam menyelesaikan permasalahan dan mengasah pola pikir yang kreatif dan inovatif.

“Pesan saya, saat berkuliah jangan berfokus akademis saja namun juga harus mengasah kemampuan leadership. Mengikuti kegiatan leadership atau organisasi yang sifatnya di luar kelas akan melatih jiwa kepemimpinan, meningkatkan softskill, berpikir kreatif, inovatif, komunikatif dan saling kerja sama dalam suatu persoalan. Percayalah, hal tersebut akan berguna setelah pascasarjana,” pesannya.

Nasyfryzal menuturkan, perlunya menciptakan suasana akademis yang baik antara sesama dosen maupun mahasiswa. Metode yang dapat dilakukan adalah dengan cara mempererat tali silaturahmi agar terjalin rasa kedekatan satu sama lain.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan kenyamanan dalam perkuliahan, yakni menjaga hubungan baik dengan dosen, bersikap jujur, berperilaku santun kepada teman dan dosen dan disiplin. Dimana, dalam menciptakan hubungan yang baik diperlukan juga sikap silaturrahim antar sesama,” ujarnya.

Al Busyra menjelaskan sistem akademis dan administrasi fakultas. Hal tersebut sangat perlu dipahami oleh mahasiswa dalam memperlancar kegiatan perkuliahan.

“Ada enam poin yang perlu dipahami mahasiswa yakni program pendidikan, sistem penyelenggara pendidikan, beban penyelenggara pengajaran, perwalian akademik, pemberhentian studi sementara dan penyelesaian studi. Bersikap tepat dan bijak mengenai hal tersebut akan mempermudah mahasiswa dalam mengemban bahkan mempercepat masa studi,” ungkapnya.

Indra Farni menyampaikan, mahasiswa dikatakan sukses apabila mampu menyelesaikan perkuliahan tepat waktu dan mampu mengasah softskill. Selain itu mahasiswa harus bersosialisasi dalam kehidupan kampus.

“Saat ini sangat banyak cara untuk menjadi mahasiswa yang sukses seperti mengikuti kegiatan magang, pelatihan dan kerja praktek. Hal penting lainnya yakni melibatkan diri dengan komunitas yang membangun, bersosialisasi bersama teman yang akan membawa pengaruh positif. Sebab, tanpa teman akan membuat kita tertinggal jauh serta hadiri dan ikutilah kegiatan yang diadakan kampus,” ungkapnya.

Kamila Azahrah, Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota angkatan 2021 menuturkan kegiatan PKKMB FTSP sangat menyenangkan. Selain itu juga banyak hal positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“PKKMB tahun ini sangat menyenangkan terutama dosen dan kakak tingkat FTSP yang sangat ramah. Selain itu banyak pengajaran yang dapat saya aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti etika kepada dosen, sikap silaturahmi antar sesama dan memupuk rasa percaya diri untuk lebih yakin terhadap apa yang akan dilakukan kedepannya,” ujarnya.

Selaras dengan Kamila, Alvis Ramadhani, Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota angkatan 2021 menuturkan, kegiatan PKKMB FTSP yang digelar memberikan pemahaman terhadap seluk beluk perkuliahan.Pemahaman tersebut mulai dari sistem perkuliahan hingga organisasi di FTSP.

“Kegiatan PKKMB ini memberikan pemahaman kepada saya mengenai sistem perkuliahan diantaranya mengenal struktur organisasi, pemakaian portal, pembimbing akademik, dan lainnya. Selain itu juga membahas mengenai organisasi yang ada di FTSP terkhusus BEM dan DPM yang berlandaskan dengan kekeluargaan dan kebersamaan,” tuturnya.

Mahasiswa baru lainnya, Arimun Agung Abdillah dari Prodi Teknik Sipil juga mengungkapkan kesan yang menyenangkan. Meskipun di tengah kondisi yang serba daring seperti ini acara PKKMB tingkat fakultas tetap berjalan lancar dan dengan adanya kegiatan pengenalan ini menambah pengetahuannya dan melepas penasaran bagaimana menjadi seorang mahasiswa.

“Sangat menyenangkan, menarik, dan banyak pelajaran yang didapatkan. Sebelumnya saya tidak tahu suatu hal tetapi setelah mengikuti PKKMB FTSP menjadi tahu hal itu. Semoga semua ilmu yang diberikan dapat digunakan untuk kedepannya,” tutupnya.


Lisa WP/Wulan WP

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai