Sunday, September 19, 2021
PKKMB 2021 Universitas Bung Hatta Pupuk Kepribadian Mahasiswa Kompeten

PKKMB 2021 Universitas Bung Hatta Pupuk Kepribadian Mahasiswa Kompeten



WAWASAN PROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2021 dengan tema Mahasiswa Berkarakter Bung Hatta Wujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. PKKMB dilaksanakan secara dalam jaringan (Daring) melalui aplikasi Zoom, Senin (13/09/2021).

PKKMB yang digelar diikuti dengan acara inti yang berisi pemaparan materi yang diberikan oleh beberpaa narasumber. Materi yang dipaparkan mencakup Bapak Proklamaotr Dr. Muhammad Hatta Tauladan Kita Semua, Mahasiswa Millenial Anti Kolusi, Korupsi, dan Nopitisme (KKN), Millenial Cinta Tanah Air, Bung Hatta Bebas Narkoba, serta Pengenalan Lembaga dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Bung Hatta.

Kegiatan tersebut dihadiri Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbud ristek), H. Mahyeldi Ansharullah, S.P., Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Prof. Dr. Meutia Farida Hatta Swasono, Putri Proklamator Bung Hatta, Dr. Zainal Arifin Mochtar, S.H.,LL.M., Akademisi Universitas Gadjah Mada.

Selain itu, PKKMB kali ini juga dihadiri oleh Laksamana  Pertama TNI Hargianto, S.E., M.M.,M.Si(han), Komandan Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (Danlatmal) II Padang, Irjen Pol, Kasril Arifin, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat, Prof. Herry, M.A., Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi  (LLDIKTI) Wilayah X, Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., MBA, Rektor Universitas Bung Hatta, dan seluruh civitas academica lingkungan akademik Universitas Bung Hatta.

Ketua Pelaksana, Suryadimal, menyebutkan, PKKMB kali ini dilaksanakan tiga hari dimulai tanggal 13 September hingga 15 September 2021. Hari pertama tingkat universitas, kemudian dilanjutkan tingkat fakultas, dan diakhiri pada tingkat jurusan. Beliau juga berterimakasih kepada seluruh undangan yang berkenan hadir dan menjadi pembicara acara pada hari ini.

“Pelaksanaan PKKMB digelar selama 3 hari digelar pada 13 sampai 15 September 2021, dalam lingkup tingkat universias, fakultas, dan jurusan. Seluruh mahasiswa baru diwajibkan mengingkuti kegiatan PKKMB yang telah dirancang dari awal sampai akhir acara. Selain itu, terimakasih kepada seluruh undangan yang telah hadir dan berbagi ilmu untuk mahasiswa baru Universitas Bung Hatta,” papar Suryadimal.

Tafdil menyampaikan, selamat kepada seluruh mahasiswa baru Universitas Bung Hatta yang telah  berhasil masuk dunia pendidikan tinggi. Selain itu, beliau juga berterimakasih kepada panitia yang berkerja keras, sekaligus pembicara yang berkenan hadir hari ini.

“Selamat kepada seluruh mahasiswa baru yang telah berhasil menjadi mahasiswa perguruan tinggi. Bersama dengan itu, saya mengucapkan terimakasih kepada seluurh panitia dan pembicara yang hadir saat PKKMB hari ini,” ucap Tafdil

Herry mengungkapkan, mahasiswa harus memiliki niat untuk menjadi sarjana yang sukses dan kompeten. Beliau juga berharap lulusan bisa menerapkan ilmu, sumbangsih, dan berkontribusi kepada masyarakat.

“Sedari jadi mahasiswa, niatkanlah dalam hati untuk bisa menjadi mahasiswa yang sukses dan kompeten. Dengan belajar sungguh-sungguh, diharapakan ilmu yang didapat bisa berkonstribusi dalam masyarakat untuk memajukan negeri,” ujar Herry.

Nadiem menjelaskan, mahasiswa memiliki kemerdekaan lebih besar dari seorang siswa. Oleh karena itu, kementrian memfasilitasi dengan adanya merdeka belajar. Program ini memberikan hak merdeka kepada mahasiswa selama tiga semester. Seperti magang, pertukaran palajar, riset, merintis wirausaha, dan lain-lain. Semua program ini dirancang rancang untuk mahasiswa untuk memberi ruang dari beragam ketertarikan mahasiswa.

“Kementerian memfasilitasi kebebasan seluruh mahasiswa untuk merdeka belajar. Program merdeka belajar diterapkan dilingkungan kampus untuk menjadikan mahasiswa memiliki pengalaman lebih yang tak tertulis di kertas,” Jelas Nadiem.

Dwi Idayanti, mahasiswa baru prodi Sastra Inggris menjelaskan, dia sangat beruntung bisa bertemu orang-oreang hebat meski hanya melalui via Zoom. Dia juga berharap bisa menimba ilmu dan membanggakan kedua orang tuanya.

“Beruntung rasanya bias bertemu orang-orang hebat, mendengar motivasi dan ilmu mereka meski hanya dilaksanakan secara online. Kedepannya saya memiliki harapan untuk bisa menjadi mahasiswa yang baik dalam menimba ilmu dan membanggakan orang tua serta kampus saya,” Jelas Dwi

Gilang Putra Purwanto, mahasiswa baru prodi Teknik Sipil juga mengungkap, bahwa PKKMB tahun ini menyenangkan. Tak hanya menyenangkan, tetapi juga banyak ilmu yang bisa dipetik.

“PKKMB yang digelar sangatlah menarik dan menyenangkan.Selain itu, narasumber yang hadir memberikan berbagai ilmu yang memotivasi saya untuk banyak belajar,” ungkap Gilang. 

Cici WP 

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

 

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai