Sunday, September 19, 2021
Prodi PGSD Universitas Bung Hatta Gelar Sosialisasi dan Pendaftaran MBKM

Prodi PGSD Universitas Bung Hatta Gelar Sosialisasi dan Pendaftaran MBKM



WAWASAN PROKLAMATOR,- Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Bung Hatta mengadakan Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Adapun bentuk implementasi program tersebut yakni dengan membuka pendaftaran MBKM bagi mahasiswa yang tidak sedang mengikuti program Kampus Mengajar angkatan kedua. Kegiatan dilangsungkan secara Dalam Jaringan (Daring) melalui Aplikasi Zoom, Minggu (25/07/2021).

Sosialisasi ini merupakan program dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-ristek) yang mengharuskan setiap prodi di Indonesia mengimplementasikan MBKM. Di narasumberi oleh Ketua Prodi (Kaprodi) PGSD, Dra. Zulfa Amrina, M.Pd, turut hadir Sekretaris Prodi (Sekprodi), Siska Angreni, S.Pd, M.Pd.

Zulfa menjelaskan, ada 9 program MBKM yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM yaitu, Pertukaran Mahasiswa, Magang/Praktik Kerja, Mengajar di Sekolah, Penelitian/Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Studi/Proyek Independen, Pengabdian Kepada Masyarakat, serta Bela Negara. Dari 9 bentuk program MBKM tersebut, kampus di persilahkan memilih program mana saja yang akan dilaksanakan. Prodi PGSD memilih 3 program dari 9 BKP,  yaitu Pertukaran Mahasiswa, Mengajar di Sekolah, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Ada 9 program MBKM yang dikeluarkan Kemendikbud. Prodi PGSD Universitas Bung Hatta memilih 3 diantara 9 BKP tersebut,” jelas Zulfa.

Zulfa menambahkan, mulai semester ganjil 2021/2022 Prodi PGSD akan mengimplementasikan program MBKM. Tiga Program yang akan dilaksanakan, yaitu Pertukaran Pelajar dengan Prodi PGSD di Perguruan Tinggi lain, instansi tersebut yakni, Universitas Riau dan Universitas Esa Unggul Jakarta. BKP ini untuk mahasiswa angkatan 2019. Kemudian  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, dimana mengabdi pada masyarakat selama 1 semester. Program ini juga diperuntukkan mahasiswa semester 5. Terakhir, Asistensi Mengajar di Sekolah, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di sekolah selama 1 semester. Program ini untuk mahasiswa semester 7. Dari ketiga program tersebut, akan dikonversi maksimal 20 Satuan Kredit Semester (SKS).

“Tiga program MBKM tersebut akan diimplementasikan pada semester ganjil 2021/2022 ini. Dari ketiga program tersebut, akan dikonversi maksimal sebanyak 20 SKS,” tambah Zulfa.

Putri Sriwahyuni, Mahasiswi Prodi PGSD angkatan 2018 mengungkapkan, MBKM ini memberikan kebebasan untuk mengasah skill dan pengetahuan mahasiswa. Oleh karena itu, ia berharap program ini bisa memberikan perubahan untuk pendidikan Indonesia.

“Diadakannya program MBKM di kampus memberikan kebebasan untuk mahasiswa dalam mengasah skill dan menambah pengetahuan. Semoga dapat memberikan perubahan baik dan dapat dilaksanakan secara berlanjut sehingga mahasiswa dapat berkontribusi dalam perubahan yang baik dimasa mendatang,” ungkap Putri.

Senada dengan Putri, Muhammad Alfikri Mahasiswa Prodi PGSD angkatan 2018 menuturkan, MBKM merupakan program Kemendikbud yang sangat luar biasa. Ia berharap semoga mahasiswa PGSD bisa berperan aktif dan kegiatan ini dapat berlanjut setiap tahun.

“Suatu program yang luar biasa dari Kemendikbud untuk mahasiswa Indonesia dan Prodi PGSD Universitas Bung Hatta bisa mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi pada program tersebut. Harapan saya semoga mahasiswa PGSD dapat berperan aktif dan ikut mengembangkan potensi dirinya, tak kalah penting agar MBKM ini bisa berlanjut setiap tahunnya,” tutur Fikri.

Mahasiswi PGSD angkatan 2019, Rinta Sari menyampaikan, MBKM ini dapat memotivasi mahasiswa, sebab sangat menarik untuk menantang kemampuan mahasiswa. Ia turut berharap semoga kegiatan ini dapat terus membuka peluang baik untuk mahasiswa kedepannya.

“Kegiatan ini sangat memotivasi serta membuat mahasiswa lebih paham tentang dunia yang dihadapi sebenarnya. Harapan saya semoga program ini terus membuka peluang baik itu untuk mahasiswa dan untuk segala kemudahan masuk program ini dipermudah tanpa membeda-bedakan,” tutup Rinta.

Azza WP

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai