Saturday, September 18, 2021
Sempat Vakum, UKM-Menwa Resmi Aktif Kembali

Sempat Vakum, UKM-Menwa Resmi Aktif Kembali



WAWASAN PROKLAMATOR,- Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa (UKM-Menwa) merupakan lembaga kemahasiswaan yang  diresmikan pada 1982 di Universitas Bung Hatta. Karena reformasi, UKM-Menwa sempat mengalami pemvakuman pada 1998, Minggu (18/07/2021).

Pada 2020, UKM-Menwa resmi aktif kembali. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) rektor. Saat ini, UKM-Menwa dibina oleh Dr. Zarfinal S.H., M.H. Menwa mempunyai semboyan Widya Castrena Dharma Siddha. Makna dari semboyan ini yaitu, Penyempurnaan Pengabdian dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan.

Menwa bukanlah militer, UKM ini berada di bawah naungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan bekerja berdasarkan Surat Keputusan Bersama 3 Menteri (SKB 3 Menteri): Menteri Pertahanan, Menteri Pendidikan Nasional, dan Menteri Dalam Negeri. Untuk dapat bergabung dalam UKM-Menwa, persyaratannya yaitu: mahasiswa aktif angkatan 2020, tidak ada cacat fisik, sehat dan tidak ada jejak tato, siap mental untuk melakukan pendidikan dasar di Marinir Yonmarhanlan II, Sungai Nyalo, Nagari Mandeh, Pesisir Selatan.

Pelaksana disiplin (Provost) Menwa, Intan Nuraini memaparkan, Menwa merupakan bagian dari kekuatan sipil. Ia turut  menuturkan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) merupakan latar belakang lahirnya UKM ini.

“Menwa adalah salah satu diantara sejumlah kekuatan sipil untuk mempertahankan negeri. Menwa lahir di perguruan tinggi sebagai perwujudan dari Sishankamrata,” tutur Intan.

Virada Triman Putra, Komandan Batalyon Menwa mengungkapkan, tujuan UKM-Menwa untuk membentuk mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental, serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Virada juga menjelaskan manfaat yang didapatkan mahasiswa yang mengikuti UKM-Menwa yaitu, untuk menanamkan pokok kepemimpinan yang mengacu pada pendidikan dasar guna mewujudkan hak dan kewajiban bela negara.

“Tujuannya untuk membentuk sikap-sikap kebangsaan agar mampu mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Manfaat yang didapat yakni bisa menanamkan dasar-dasar kepemimpinan  dan mengembangkan potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban masyarakat dalam bela negara,” ungkap Virada.

Lebih lanjut, Virada mengutarakan, pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi dengan UKM selingkungan Universitas Bung Hatta.  Kedepannya, Virada berharap antara UKM-Menwa dengan UKM selingkungan bisa berhubungan baik antar satu dengan yang lain.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi kepada UKM selingkup dengan terus belajar dan berdiskusi. Diharapkan kedepannya UKM-Menwa bisa berhubungan baik dengan masyarakat Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgawa),” sambungnya.

Salah satu Wira atau Anggota Menwa, Anisa Tulsabela menjelaskan, hal yang ia dapatkan saat bergabung dengan UKM-Menwa yakni, bisa memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental, serta wawasan kebangsaan, tak lupa juga mampu menanamkan dasar-dasar kepemimpinan. Ia berharap dengan kembali aktifnya UKM ini, banyak mahasiswa yang ingin bergabung sehingga Menwa bisa terus berkembang di Universitas Bung Hatta.

“Banyak sekali hal-hal mengenai kepemimpinan dan kebangsaan yang didapat karena mengikuti Menwa. Semoga lebih banyak mahasiswa yang berminat untuk bergabung,  tak lupa kedepannya agar Menwa bisa lebih berkembang berhubung UKM ini baru diaktifkan kembali di kampus kita,” jelas Anisa.

Senada dengan Anisa, wira lainnya, Hendro Okta Padrial mengatakan, banyak sekali pelajaran yang dipetik setelah bergabung dengan UKM-Menwa, seperti mengembangkan nasionalisme, kebelanegaraan, rasa disiplin agar lebih memahami arti bela negara yang sesungguhnya. Ia turut berharap agar UKM-Menwa Universitas Bung Hatta bisa berkembang, sama seperti Menwa di kampus lain.

“Saat menjadi Wira Menwa, banyak pelajaran yang didapat, salah satunya memupuk rasa nasionalisme dalam diri saya. Semoga UKM-Menwa berkembang sebagaimana dengan Menwa yang ada di kampus lain,” tutup Hendro.

Fidi WP

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai