Saturday, September 18, 2021
Kisah Lukman Hakim Lulusan Inspiratif Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta

Kisah Lukman Hakim Lulusan Inspiratif Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta



WAWASAN PROKLAMATOR,- Setiap orang memiliki kisah hidup masing-masing, berjuang demi kesuksesan selalu mewarnai kehidupan. Sama hal nya seperti Lukman Hakim alumni Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Bung Hatta angkatan 2016 yang wisuda pada Juni lalu, membagikan cerita inspiratif nya. Hanya dalam kurun waktu satu bulan setelah wisuda, dirinya berhasil bekerja di Ivo Mas Tunggal (Sinarmas Group) sebagai Refinery Operator, Jumat (16/10/2021).

Lukman mengungkapkan, capaian gelar sarjana saat pandemi tidak menurunkan performa dan kualitas lulusan teknik kimia. Semua kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik walaupun melalui sistem kuliah Dalam Jaringan (Daring). 

“Saat ini, mahasiswa menjalani perkuliahan secara daring yang tentunya memberikan tantangan yang lebih besar. Meskipun begitu, Prodi Teknik Kimia tetap memfasilitasi mahasiswanya untuk tetap maju dan mengembangkan skill, seperti bimbingan, penelitian, persiapan olimpiade dan sebagainya,” tutur Lukman.

Lukman menambahkan saat berkuliah waktu adalah hal terpenting dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mahasiswa memiliki peran dalam mengatur serta menyelesaikan semua kegiatan dengan cepat. Selain itu, perlu inisiatif untuk meningkatkan skill yang  menunjang karir di masa depan.

“Bagi saya mahasiswa harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Produktif terhadap waktu akan mempercepat proses perkuliahan yang kita lalui. Setelah sidang dan berita acara sidang keluar, saya segera membuat Surat Keterangan Lulus (SKL) dan mempersiapkan diri untuk belajar tambahan seperti membuat Curiculum Vitae (CV), psikotest, interview serta apply pekerjaan sesuai bidang keilmuan,” ungkap Lukman.

Lukman juga mengatakan pentingnya mengikuti kegiatan kampus dan memahami Tugas Akhir (TA) semasa kuliah. Hal itu tentunya mempermudah dalam tahap interview serta networking, sehingga dapat memperluas wawasan mahasiswa pascasarjana.

“Mengikuti kegiatan kampus semasa kuliah sangat berpengaruh saat melamar pekerjaan. Dimana sertifikat mengikuti perlombaan dan Surat Keputusan (SK) sebagai panitia dapat menjadi nilai tambah serta secara tidak langsung juga dapat memperluas networking dalam memperoleh informasi.  Selain itu penelitian beserta TA yang telah dibuat diharapkan dapat dipahami diluar kepala karena pada tahap interview sebagian perusahaan akan mempertanyakannya,”  tutup Lukman.

Lisa WP

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai