Saturday, September 18, 2021
Dua Tim ICT Proklamator Lolos Seleksi Tahap II Kontes Robot Indonesia 2021

Dua Tim ICT Proklamator Lolos Seleksi Tahap II Kontes Robot Indonesia 2021



WAWASAN PROKLAMATOR,- Dua tim Unit Kegiatan Mahasiswa Information Communication and Technology (UKM-ICT) Proklamator lolos seleksi tahap II Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbud-ristek) yang akan berlangsung pada 9 hingga 10 Juli 2021 secara dalam jaringan (Daring), Rabu (14/07/2021).

Tim tersebut yakni Divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid. Divisi KRSRI dibimbing oleh Dr. Hidayat, S.T., M.T, beranggotakan Jody Prianto, Zharafen Defitra, Fauzi Ikhwan, dan diketuai oleh M. Andika Shidiq. Sedangkan Divisi KRSBI dibimbing oleh Ir. Arnita, M.T, beranggotakan Jodi Prianto, M. Andika Shidiq, Muhammad Zidan dan diketuai oleh Muhammad Fajri.

Muhammad Fajri, ketua Divisi KRSBI menjelaskan perbedaan antara Divisi  KRSRI dan KRSBI dalam perlombaan. Dimana kedua divisi tersebut akan berlaga kembali pada KRI tingkat wilayah yang akan dilaksanakan pada 23 - 26 Agustus 2021 mendatang secara daring.

“KRSRI merupakan kompetisi robot SAR (Search And Rescue) yang menekankan pada operasi pencarian dan penyelamatan bencana yang umum terjadi di Indonesia. Sedangkan KRSBI adalah kompetisi robot sebak bola, dimana robot diminta bermain layaknya pemain sepak bola serta melakukan kegiatan seperti berlari, menggiring bola dan menciptakan kekompakan robot. Kedua bidang tersebut telah lolos pada seleksi tahap II dan akan lanjut ke kompetisi tingkat wilayah,” ungkap Fajri.

M. Andika Shidiq, Ketua Divisi KRSRI menuturkan mekanisme yang dilalui peserta dan kesiapan timnya dalam seleksi tahap II kontes KRI 2021. Mengikuti perlombaan disaat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengharuskan semua kegiatan dilangsungkan secara online.

“Seleksi Tahap II KRI 2021 dilakukan secara online. Peserta diberikan google form sebagai media pengiriman gambar robot dan lapangan serta Aplikasi Zoom Meeting untuk konfirmasi kesiapan. Perlombaan yang kami lakukan tidak ada kendala, dikarenakan Tim ICT Proklamator telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, seperti robot beserta lintasannya dari jauh-jauh hari,” ujar Shidiq.

Jody Prianto, Ketua Mekanik bidang KRSRI dan KRSBI, menjelaskan tantangan dalam penanganan mechanical kedua bidangtersebut. Tantangan tersebut meliputi persiapan lapangan dan robot yang digunakan serta pembatasan waktu di area kampus akibat PPKM.

“Perlombaan yang dilakukan secara online serta adanya PPKM memberikan tantangan bagi tim terutama pada penanganan mechanical yang sedikit sulit. Dalam pengerjaan robot dan lapangan, kami membagi dua tempat pengerjaan yakni di Indoriva Ulak Karang, Kota Padang dan di Sekretariat ICT Proklamator yang berlokasi di Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta,” tutur Jody.

M. Gio Pramana Putra, Anggota UKM-ICT Proklamator mengungkapkan UKM-ICT Proklamator merupakan wadah pengembangan minat dan bakat dalam bidang robotik. Hadirnya kontes robot ini diharapkan akan semakin banyak dukungan dari berbagai pihak sehingga Tim ICT mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

“UKM-ICT Proklamator bagus sekali untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa Universitas Bung Hatta khususnya dalam mengembangkan hard skil maupun soft skil bidang robotik. Semoga kedepannya semakin banyak dukungan yang hadir baik dari senior, dosen pembimbing maupun universitas sehingga kami dapat berkancah di tingkat nasional maupun internasional,” tutup Gio.

Lisa WP

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai