Monday, July 26, 2021
Focus Group Discussion Prodi Akuntansi, Bahas Seputar Akuntan Muda Unggul

Focus Group Discussion Prodi Akuntansi, Bahas Seputar Akuntan Muda Unggul



WAWASAN PROKLAMATOR,- Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bung Hatta mengadakan Focus Group Discussion. Kegiatan dilangsungkan secara Dalam Jaringan (Daring) melalui platform Zoom, Selasa (13/07/2021).

Tema yang diusung pada Focus Group Discussion adalah Menyiapkan Akuntan Muda yang Unggul dan Berdaya Saing Melalui Kurikulum Akuntansi Berbasis MBKM. Acara ini di narasumberi oleh Rahmat Novriyan, S,E., Ak., CA dari Perseroan Terbatas (PT) Semen Padang, Dr. Sekar Mayang Sari, SE., MSi., Ak, CA, CMA, Dosen FEB Universitas Trisakti dan Yofialdi, SE, Ak, CA, MM, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Turut hadir Dekan dan Wakil Dekan FEB Universitas Bung Hatta. 

Sekar menjelaskan, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana mahasiswa lebih bebas dalam bidang apapun yang mereka minati agar menambah nilai baru serta pengalaman mahasiswa. Sehingga bisa menjadi mahasiswa yang siap kerja pada masa revolusi indutri 4.0 yang serba mengandalkan teknologi. 

“MBKM memberikan kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan serta merdeka dari birokratisasi. Dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit serta mahasiswa diberikan kebebasan memilih bidang yang mereka minati,”ujarnya.

Yofialdi memaparkan, jika ingin mempersiapkan masa depan mahasiswa unggul, seorang akuntan muda harus ada penekanan di soft skill. Selain itu, diwujudkan pada kurikulum agar mahasiswa bisa mengimpelementasikan program-program tersebut.

“Sebagai seorang akuntan muda perlu adanya penekanan di soft skill dan penekan ini harus dimasukkan kedalam kurikulum agar bisa mengimplementasikan bagaimana program magang, program dunia industri dan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sehingga persiapan masa depan mahasiswa kita bisa unggul,” ungkapnya

Rahmat menjelaskan,  departemen keuangan merupakan sebuah inti dari semua transaksi yang ada. Semua informasi yang ada harus benar-benar valid agar kesalahan pengambilan keputusan oleh para pengguna informasi tidak akan terjadi dan akan mendapatkan hasil yang sesuai.

“Departemen keuangan merupakan muara dari semua transaksi dan berdampak kepada keuangan perusahaan. Pada garbage in dan garbage out apabila informasinya salah otomatis laporannya pun akan salah,” ucapnya.

Nengsih Sri Wahyu, Mahasiswa Prodi Akuntansi angkatan 2020 memaparkan banyak sekali ilmu dan wawasan baru yang ia dapatkan. Di samping itu, pemateri sangat baik dan berkompeten dalam menjelaskan materi dan menjabarkan prospek kerja apa yang bisa diperoleh ketika mahasiswa melakukan magang nantinya.

“Materi yang disampaikan oleh ketiga pemateri tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena pembicaranya sangat berkompeten pada bidangnya masing-masing. Pada materi tersebut juga dijelaskan prospek-prospek kerja yang bisa dilakukan saat mahasiswa melakukan magang nantinya, terutama pada Prodi Akuntansi,” paparnya.

Mahasiswa Prodi Akuntansi angkatan 2020 lainnya, Ahmad Hafiz menjelaskan, dirinya sangat terbantu karena adanya kegiatan ini. Serta manfaat lainnya dapat meningkatkan kompetensi, baik skill maupun kepribadian yang ada didalam diri mahasiswa.

“Sangat terbantu sekali dengan adanya webinar ini, saya bisa lebih memahami bagaimana tujuan untuk meningkatkan kompetensi kelulusan. Baik dari skill maupun kepribadian yang unggul dalam dari kita,” tutupnya.

Harry WP

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai