Monday, July 26, 2021
Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta Langsungkan Workshop-Seri 2 Secara Virtual

Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta Langsungkan Workshop-Seri 2 Secara Virtual



WAWASAN PROKLAMATOR,- Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika (PMAT) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta mengadakan workshop-seri 2. Kegiatan dilangsungkan secara Dalam Jaringan (Daring) melalui platform Zoom dan kanal YouToube Universitas Bung Hatta TV, Senin (12/07/2021).

Tema yang diusung pada workshop-seri 2 adalah Pengembangan Pembelajaran Case Method dan Based Project dalam Perancangan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dan Penilaian. Acara ini dinarasumberi oleh Dra. Yenita Roza, Ph.D, Wakil Gubernur IndoMS dan Reviewer Nasional Dikti. Turut hadir Dekan FKIP, Ketua Prodi (Kaprodi) FKIP, Kepala Penjaminan Mutu, Kepala Biro Pengembangan dan Perencanaan, dan Ketua Prodi PMAT Universitas Bung Hatta. Peserta yang mengikuti workshop-seri 2 ini dikhususkan untuk dosen dan mahasiswa.

Yenita Roza menjelaskan, Case-Based Learning (CBL) merupakan sebuah pendekatan yang melibatkan mahasiswa dalam berdiskusi guna menyelesaikan masalah spesifik menyerupai real-worldcase. Menerapkan CBL dalam proses pembelajaran memberikan keuntungan dalam perkembangan potensi serta pemahaman terhadap suatu masalah.

Case-Based Learning (CBL) digunakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam proses berdiskusi mengenai masalah yang dikemas seperti kasus dunia nyata dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan ini mampu mengembangkan pola pikir dari mahasiswa,” jelas Yenita.

Yenita juga menambahkan, metode Project Based Learning (PjBL) menuntut mahasiswa mengerjakan tugas berupa proyek yang telah dirancang secara sistematis, kemudian menunjukkan kinerja dan mempertanggungjawabkan hasil kerja kelompok berupa produk kelas. Dalam penilaian yang dilakukan menggunakan rubrik dan portofolio.

“Metode Project Based Learning (PjBL) mewajibkan setiap mahasiswa mengerjakan tugas proyek yang dimana pada akhir proses penugasaan haruslah menghasilkan sebuah produk. Dengan assesment yang dilakukan berupa rubik dan portofolio,” ungkapnya.

Rudy Agustian Mahasiswa Prodi PMAT angkatan 2018, memaparkan banyak sekali ilmu yang didapat dari kegiatan workshop. Pengetahuan itu tentunya sangat memberikan manfaat serta pengalaman yang berharga.  

“Dari workshop-seri 2 ini saya banyak mendapatkan wawasan baru khususnya mengenai CBL dan PjBL. Harapan saya ilmu yang didapat bisa memberikan manfaat bagi banyak orang,” tutur Rudy.

Senada dengan Rudy, Dita Puspita Mahasiswi Prodi PMAT angkatan  2018 menuturkan, dengan adanya workshop-seri 2 memberikan banyak pemahaman baru mengenai materi penyusunan RPS dan metode CBL serta PjBL. Ia juga berharap dengan diadakan workshop ini dapat melahirkan tenaga pendidik yang bermutu khususnya berasal dari prodi PMAT Universitas Bung Hatta.  

“Dengan digelarnya workshop ini memberikan banyak ilmu baru tentang penyusunan RPS dengan benar serta metode yang mendukung proses pembelajaran seperti metode CBL serta PjBL. Saya berharap dengan workshop yang telah digelar Prodi PMAT dapat menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas,” tutup Dita.

Febry WP

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai