Tuesday, July 27, 2021
Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Miliki Green House

Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta Miliki Green House



WAWASAN PROKLAMATOR,- Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mempunyai green house yang khusus digunakan untuk penanaman bahan nabati. Selain itu, juga sebagai sumber bahan baku dari penelitian dan produk yang akan diproduksi. Green house ini berlokasi di samping laboratorium Teknik Kimia, Kampus Proklamator III Universitas Bung Hatta, Senin (12/07/2021).

Prof.Dr.Eng Reni Desmiarti, S.T.,M.T, dosen Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengatakan, pembangunan green house ini merupakan solusi yang dapat mempermudah mahasiswa, untuk mendapatkan pelarut sintesis alami berupa lidah buaya. Selain itu, juga sebagai kebutuhan untuk memproduksi produk yang dapat di konsumsi manusia.

Green house Prodi Teknik Kimia merupakan solusi bagi mahasiswa untuk mendapatkan lidah buaya sebagai pelarut sistesis alami. Disamping hal tersebut, kemauan untuk menciptakan produk seperti makanan, minuman, dan farmasi menjadi faktor pendorong dibangunnya green house ini,” tutur Reni.

Eko Kurniawan Azwir, mahasiswa Teknik Kimia Angkatan 2017 yang ikut dalam penelitian memanfaatkan lidah buaya mengungkapkan, dengan adanya green house sangat membantu memenuhi kebutuhan bahan baku yang digunakan untuk memproduksi produk penelitian. Sehingga dalam prosesnya dapat mengurangi biaya produksi.

“Ditumbuhinya lidah buaya di green house sangat memudahkan kami sebagai mahasiswa dalam memperoleh bahan baku penelitian. Contohnya dalam penelitian Pembuatan Precipitated Calcium Carbonat (PCC) dari lidah buaya. Selain itu juga lidah buaya dimanfaatkan dalam produksi hand sanitizer dan disinfektan pada tahun 2020 silam,” ujar Eko.

Senada dengan Eko, Nefpi Despita Sari, mahasiswa Teknik Kimia Angkatan 2019 mengungkapkan dengan adanya fasilitas ini mampu mendorong jiwa kewirausahaan mahasiswa. Serta sangat membantu mahasiswa dalam menekan biaya produksi.

“Adanya green house yang ditumbuhi tanaman nabati mampu memberikan wadah bagi mahasiswa mengembangkan minat terhadap kewirausahaan. Dimana, kita tidak lagi bergantung terhadap ketersediaan bahan baku di pasaran. Secara tidak langsung, mahasiswa telah diberi sarana oleh jurusan agar mampu meminimalisir modal dalam memproduksi bahan baku,” ungkap Nefpi.

Lisa WP

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai