Sunday, September 19, 2021
GeoGebra, Terobosan Baru Pengajaran Geometri dan Aljabar

GeoGebra, Terobosan Baru Pengajaran Geometri dan Aljabar



WAWASAN PROKLAMATOR,- Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HMMPS-PMAT) gelar Web Seminar (Webinar) Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Seri 1 dengan tema GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Webinar ini dilaksanakan secara Dalam Jaringan (Daring) melalui aplikasi Zoom, Kamis (01/07/2021).

Kegiatan ini menghadirkan dua pemateri yaitu Fauziah,S.PdI, M.Pd dan Drs. Khairudin, M.Si. Webinar ini juga dihadiri mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta.

Puja Ramadhani Suci, Wakil Ketua HMMPS PMAT mengatakan, acara ini bertujuan agar peserta mampu menjadi pendidik yang profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan di era milenial. Baik yang sudah menjadi seorang guru ataupun yang masih menjadi calon guru.

“Kegiatan ini  merupakan salah satu bentuk aspirasi terhadap mahasiswa agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai guru. Bagaimana dapat mengembangkan perilaku jujur tertuang di dalam dirinnya , serta membangun jiwa kreatif, disiplin, inovatif, memiliki ide, dan produktif ,” papar Puja.

Fauziah, selaku pemateri menjelaskan GeoGebra adalah software yang bisa membantu guru dalam mempersiapkan pengajaran geometri dan aljabar. GeoGebra dapat membuat bangun-bangun geometri secara mudah, cepat, akurat, serta dapat menggambar grafik fungsi yang merupakan faktor penting dalam menyelesaikan soal penerapan hitung integral.

"GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika berfungsi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik sekaligus membantu melatih keterampilan siswa dalam menggambar kurva agar hasil pembelajaran penerapan hitung integral maksimal. Selain itu GeoGebra juga bisa menyelesaikan soal hitung integral dengan menggambar grafik fungsi," jelas Fauziah.

Willis Prisilia, Peserta dari PMAT Universitas Bung Hatta angkatan 2018 memaparkan dengan adanya webinar ini banyak manfaat dan hal yang bisa dilakukan nanti di lapangan. Menurutnya, banyak pemahaman yang di dapat berguna untuknya kedepan.  

"Semoga acara ini tetap terlaksana dengan baik setiap tahunnya dan lebih ditingkatkan karena acara ini sangat banyak manfaat terutama untuk calon seorang pendidik," jelas Willis.

Peserta lainnya dari PMAT Universitas Bung Hatta Angkatan 2018, Rosanti Cempaka Dewi menyampaikan kesan dan pesannya. Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin karena memacu diri kita untuk menjadi calon guru nantinya.

“Kegiatan ini seharusnya sering diadakan agar mahasiswa lebih mengetahui bagaimana menjadi seorang guru yang baik . Ilmu ini sangat berguna nantinya dimasa yang akan datang,” tutup Dewi.

Mina WP

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai