Sunday, September 19, 2021
HMMPS-PGSD Adakan Workshop Seputar Kampus Merdeka

HMMPS-PGSD Adakan Workshop Seputar Kampus Merdeka



WAWASAN PROKLAMATOR,- Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMMPS -PGSD) Universitas Bung Hatta menggelar Workshop Pengembangan Kurikulum PGSD Berorientasi KBK-KKNI-OBE-MBKM. Kegiatan ini dilaksanakan secara Luar Jaringan (Luring) sekaligus disiarkan secara langsung pada platform Zoom dan Youtube. Bertempat di Aula Lantai 4 Gedung B3 Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Jumat (02/07/2021).

Acara ini di moderatori Arlina Yuza, S.Pd., M.Pd, dosen PGSD. Narasumber sekaligus pembicara pada workshop ini diantaranya Dr. Widya Karmila Sari Ahmad, M.Pd, Ketua Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia (HDPGSDI), Zulhendri S.Pd, Kepala Sekolah SDN 03 Alai Padang dan Dra. Zulfa Amrina, M.Pd, Ketua Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Widya menjelaskan, sangat banyak inovasi yang dilahirkan pada saat ini, terutama dalam pembelajaran praktikum, semua akan berlomba-lomba untuk merancang berbagai inovasi yang sifatnya virtual reality dalam setiap proses akademiknya. Tentunya jika mengulik Kampus Merdeka, pemerintah telah memberikan kebebasan untuk lebih maju, baik dari pembukaan program studi baru, pertukaran pelajar, maupun inovasi lainnya yang bersifat positif.

"Merdeka Belajar adalah regulasi yang baik untuk kemajuan pendidikan negara ini kedepannya.Serta diharapkan program ini memberikan kebebasan untukk mahasiswa kedepannya," ujar Widya.

Zulhendri menambahkan merdeka belajar juga berlaku kepada mahasiswa, diantaranya memberikan hak belajar tiga semester diluar program studi, walaupun mahasiswa diberikan kebebasan belajar tentunya harus tetap mengikuti regulasi yang berlaku, dan memberikan prestasi dimana tempat mahasiswa tersebut menempuh jenjang pendidikan.

“Kegiatan ini akan berlaku dimana pun nanti mahasiswa akan ditempatkan. Program ini akan memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk mengikuti peraturan yang telah ditetapkan” ujar Zul.

Reka Kurnia Sari, mahasiswa PGSD angkatan 2018 mengungkapkan banyak ilmu yang didapatkan dari kegiatan ini, dan juga sangat bermanfaat bagi karirnya untuk kedepan.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat, dapat menambah pengalaman dan meningkatkan intelektual. Salah satu materi dari workshop tentang berempati sehingga kita dapat bersosialisasi dan mengemukakan pendapat dengan baik," ungkapnya.

Lailan Nazmi, mahasiswa PGSD angkatan 2018 menyebutkan dengan adanya workshop ini dapat mempersatu mahasiswa, khususnya bagi penerima Kampus Merdeka

"Semoga workshop ini semakin lebih baik kedepannya dan terus diadakan setiap tahunnya. Tujuannya agar setiap anggota Kampus Merdeka dapat bersatu dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat," jelasnya.

Mina WP

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat  

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai