Monday, July 26, 2021
Laksanakan Kunjungan Media, Calon Wartawan UKPM-WP Dekati Akhir Proses Magang

Laksanakan Kunjungan Media, Calon Wartawan UKPM-WP Dekati Akhir Proses Magang



WAWASAN PROKLAMATOR,-  Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Wawasan Proklamator (UKPM-WP) adakan kunjungan media ke Padang Ekspres (Padek) sebagai salah satu tahap dalam proses perekrutan Calon Wartawan (Cawan) yang dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan ini dihadiri oleh tujuh orang Cawan dan enam orang crew WP, Sabtu (18/06/2021).

Kunjungan media bertujuan untuk mengetahui media apa saja yang ada di Padek dan memperkenalkan kepada Cawan mengenai ilmu-ilmu jurnalistik yang ada di Padek serta melihat observasi tim Padek secara langsung. Selain itu, kunjungan media ini juga merupakan tahap selanjutnya Cawan untuk menyelesaikan proses magangnya sebelum dilantik menjadi wartawan.

Selain berbagi ilmu yang bermanfaat, UKPM-WP juga diajak berkeliling untuk memperlihatkan ruang redaksi, dimulai dari memproses berita dan juga alat-alat yang digunakan untuk mencetak koran.

Zulkarnaini, Redaktur Padang Ekspres sekaligus pemateri di kunjungan media kali ini menyampaikan tentang berita yang layak adalah berita yang memenuhi syarat 5W+1H. Selain itu, Zulkarnaini juga menambahkan, dalam menyampaikan berita itu tidak harus selalu berbentuk berita tapi bisa juga dalam bentuk feature.

“Dalam menyampaikan berita, wartawan tak harus selalu membuatnya dalam bentuk berita. Bisa juga melalui feature, cuma bedanya adalah di feature para wartawan lebih mendeskripsikan berita dengan sejumlah fakta dan sudut pandang yang berbeda dengan berita,” paparnya.

Rizal Syahyudi, Pimpinan Umum UKPM-WP menyampaikan kepada Cawan agar kunjungan ini dijadikan pembelajaran lebih lanjut dalam dunia jurnalistik.

“Kepada para Calon Wartawan agar dapat mengutip pembelajaran dari ilmu yang telah disampaikan bang Zulkarnaini tadi dan lebih berkreasi lagi dalam membuat berita,” tuturnya.

Lisa Aprilia, Cawan angkatan 2019 mengatakan kunjungan media ini dapat meningkatkan lebih dalam lagi pengetahuannya dalam membuat berita.  Selain itu, ia juga berharap bisa mengasah skill jurnalistik kedepannya di UKPM-WP.

“Dengan mengikuti kunjungan ini, pengetahuan saya lebih meningkat dalam proses membuat berita dan jadi mengetahui lebih lanjut tantangan apa yang dilalui wartawan. Semoga saya bisa mengasah skill jurnalistik saya ke depannya,” tukasnya.

Senada dengan Lisa, M. Harry Frizky juga mengatakan kunjungan media ini sangat menarik dan ia pun mendapat ilmu yang belum diketahuinya seputar dunia jurnalistik.

“Kunjungan media ini sangat menarik, banyak ilmu dan pelajaran yang saya dapatkan selama kunjungan ini, seperti bagaimana proses dan juga tahap demi tahap terbentuknya berita dari awal proses pembuatan hingga percetakan berita. Semoga ilmu yang saya dapatkan saat kunjungan ini bisa saya terapkan kedepannya,” tutupnya.

(Cawan WP: Jelita Maharani)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai