Tuesday, June 22, 2021
3 Tim Robot ICT Proklamator Lolos Seleksi Tahap I Nasional

3 Tim Robot ICT Proklamator Lolos Seleksi Tahap I Nasional



WAWASAN PROKLAMATOR,- 3 Tim Robot dari Unit Kegiatan Mahasiswa Information Communication and Technology (UKM ICT) berhasil lolos seleksi tahap I tingkat Nasional pada kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada 09 Juni 2021 secara Dalam Jaringan (Daring) melalui platform Zoom Meeting, Jum’at (11/06/2021).

Kontes Robot Indonesia ini diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menghadapai perkembangan teknologi. Kegiatan ini diawali oleh Sosialisasi Pelaksanaan KRI pada 4 Mei 2021, Pendaftaran Proposal KRI pada 6 Mei 2021 - 4 Juni 2021, Pengumuman Hasil Seleksi Proposal 9 Juni 2021, Seleksi Tahap II - Visitasi Daring 8 - 11 Juli 2021, Pelaksanaan KRI Tingkat Wilayah I 23 - 26 Agustus 2021, Pelaksanaan KRI Tingkat Wilayah II 27 - 29 Agustus, Pengumuman Peserta Tingkat Nasional 1 September 2021, Simposium ISRSC 2021 21 September 2021, Pelaksanaan KRI Tingkat Nasional 22 - 26 September 2021.

3 tim ini terdiri dari divisi Kontes Robot  Seni Tari Indonesia (KRSTI) yang diketuai oleh Muhammad Fajri dan beranggotakan Kholil Nurseha, M. Zidan dan Jody Prianto, dibimbing oleh Ir. Eddy Soesilo, M. Eng. Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) diketuai oleh Jody Prianto yang beranggotakan Muhammad Fajri, Fauzi Ikhwan, dan M. Andika Shidiq, dibimbing oleh dosen pendamping Ir. Arnita, M.T.. Divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) diketuai oleh M. Andika Shidiq yang beranggotakan Jody Prianto, Fauzi Ikhwan, dan Zhafaren Devitra, dibimbing oleh dosen pendamping Dr. Hidayat, S.T.,M.T.

Pada divisi KRSTI dan KRSBI menggunakan robot Humanoid yang menyerupai manusia, sehingga dapat di program gerakannya seperti gerakan manusia yang biasa dilakukan. Sementara itu, pada divisi KRSRI menggunakan robot Hexapod yang berfungsi untuk memadamkan api dan juga menyelamatkan target.

Andika Shidiq memaparkan perasaan gugup dan senangnya saat mempersiapkan tahap berikutnya dari Kontes Robot Indonesia ini.

“Senang dan gugup rasanya untuk mempersiapkan tahap berikutnya dari perlombaan. Semoga generasi berikutnya juga bisa dapat mengikuti kontes robot ini dan bisa lebih baik dari yang sebelumnya,” paparnya.

Senada dengan Shidiq, Jody Prianto juga mengucapkan rasa senangnya setelah melewati beberapa proses hingga pada tahap ini.

“Alhamdulillah, senang rasanya dan akan berusaha lebih keras lagi kedepannya untuk mempersiapkan tahap berikutnya. Kami mengharapkan dari pihak Universitas untuk memberikan dukungan yang lebih baik lagi,” tuturnya.

(Cawan WP : Jelita Maharani)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai