Tuesday, June 22, 2021
PINDO Universitas Bung Hatta Gelar Praktik Jurnalistik

PINDO Universitas Bung Hatta Gelar Praktik Jurnalistik



WAWASAN PROKLAMATOR,- Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (PINDO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta adakan kegiatan Praktik Jurnalistik bagi mahasiswanya. Acara ini berlangsung pada 5-10 Juni 2021 di radio Arbes FM, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Kamis (10/06/2021).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Jejeng, General Manager PT. Radio ARBES, turut hadir Rio Rinaldi, M. Pd dan DR. Yetty Morelent, M. Hum, Dosen PINDO FKIP Universitas Bung Hatta. Peserta kali ini diikuti Kelompok A yaitu : Lia Putri, Nur Afni, Rise rabi Yuli, Aviva Aisyah, Suci Hidayati dan Oktika Saputri dan Kelompok B yaitu : Indah Permata, Nurdhiya, Atika Riana, Maulinia, Rezky dan Siti Mardiah dari mahasiswa PINDO FKIP Universitas Bung Hatta.

Dalam kata sambutannya Jejeng, General Manager PT. Radio ARBES memaparkan, kegiatan ini dilakukan agar mahasiswa lebih mengenal dunia radio secara umum. Pembekalan tentang dunia radio merupakan kegiatan yang sangat penting bagi mahasiswa agar bisa membiasakan diri berbicara di depan banyak orang. Menurutnya kegiatan ini dapat memicu mahasiswa mempunyai kemampuan lebih di bidang jurnalistik.

“Kegiatan ini salah satu bentuk pembelajaran terhadap mahasiswa agar tidak malu ketika berbicara di depan banyak orang. Dengan kegiatan ini diharapkan semua hal yang terkait di bidang jurnalistik dapat dikuasai mahasiswa sebagai pembekalan di kemudian hari,” papar Jejeng.

Yetty Morelent, Dosen PINDO FKIP Universitas Bung Hatta memaparkan, praktik jurnalistik ini dilaksanakan untuk memperkuat nilai mata kuliah jurnalistik. Sehingga mahasiswa yang tidak tahu tentang bidang jurnalistik akan memperoleh banyak ilmu yang bermanfaat.

“Kegiatan pembekalan ini diharapkan dapat memperkuat pengetahuan mahasiwa terkait bidang jurnalistik. Selaku Dosen mata kuliah saya sangat mengapresiasi kegiatan ini semoga kedepannya diterapkan dengan baik,” ujar Yetty

Dosen pembina mata kuliah Praktik Jurnalistik, Rio Rinaldi mengucapkan, terima kasih kepada pihak Radio Arbes FM yang telah memberikan bimbingan dan arahan. Sehingga praktik dapat dilaksanakan dengan baik dan tanpa kendala apapun.

"Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih kepada pimpinan dan seluruh jajaran manajemen Arbes FM yang telah bersedia membimbing mahasiswa kami untuk melakukan praktik jurnalistik di radio Arbes FM. Baik itu dari segi ilmu maupun alat- alat ketika acara berlangsung,” ujar Rio.

Suci Hidayati Mahasiswa PINDO FKIP Angkatan 2018 mengutarakan beberapa manfaat menjalankan praktik jurnalistik ini. Banyak ilmu yang telah ia peroleh dan juga kegiatan ini ia pandang dapat membuat mahasiswa jauh lebih berani.

“Bermanfaat sekali seperti mengetahui sistem manajemen radio dan juga memiliki pengalaman yang bermakna ketika menjadi penyiar, menulis naskah siaran dan wawancara, teknik public speaking, administrasi perkantoran, operator, periklanan, dan sebagainya. Setelah menjalani hal ini, saya telah merasakan bedanya bangku kuliah dengan dunia industri,” ujar Suci.

Peserta dari Mahasiswa PINDO FKIP Angkatan 2018, Rise Rabi Yuliani  turut menyampaikan harapannya untuk kegiatan praktek jurnalistik. Ia berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin karena bermanfaat sekali bagi sikap dan rasa tanggung jawab mahasiswa.

“Kegiatan ini seharusnya lebih sering diadakan, supaya mahasiswa jauh lebih paham akan bidang Jurnalistik . Ilmu ini sangat berguna nantinya bagi kita dimasa yang akan datang,” tutup Rise.

(Cawan WP: Nur Amina Harahap)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai