Tuesday, June 22, 2021
Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dan Kimia UNAND Terlibat Dalam Pengkajian Potensi Batu Kapur

Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dan Kimia UNAND Terlibat Dalam Pengkajian Potensi Batu Kapur



WAWASANPROKLAMATOR,- Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dan Prodi Kimia Universitas Andalas digandeng oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumatera Barat untuk melakukan rapat koordinasi mengenai potensi batu kapur yang ada di wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Kegiatan ini dilakukan secara luring di kantor ESDM Sumbar, Kamis (03/06/2021).

Rapat koordinasi mengenai potensi batu kapur turut dihadiri oleh Kepala Dinas ESDM Ir. H Herry Martinus,MM  dan Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran dt. Paduko Malano. Sementara dari Teknik Kimia Universitas Bung Hatta dihadiri oleh Tenaga Ahli Prodi Teknik Kimia, Prof.Dr.Eng.ReniDesmiarti,S.T,M.T dan Kepala Prodi (Kaprodi) Teknik Kimia, Dr.Firdaus,S.T.,M.T. Kegiatan ini membahas mengenai peluang, potensi, kendala pengembangan industri kapur di Sumatera Barat.

Reni Desmiarti selaku tenaga ahli dari Prodi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta menyatakan mengenai potensi dan keuntungan yang dapat diperoleh dari pemanfaatan batu kapur. Selain bahan yang mudah didapatkan karena keberadaannya yang sangat melimpah juga didukung oleh keanekaragaman produk yang bisa dihasilkan.

“Berdasarkan data-data yang didapatkan dari hasil pemeriksaan batu kapur dari berbagai sumber di Sumatera Barat menunjukkan hasil yang sangat baik. Dimana, batu kapur yang ada di Sumatera Barat bisa diarahkan dan dimanfaatkan untuk berbagai macam produk, seperti memenuhi kebutuhan PDAM (Perusahaan Air Minum), perkebunan sawit, bahan baku pada pabrik Crude Palm Oil (CPO) dan pabrik cat,”ungkapnya.

Senada dengan Reni Desmiarti, Kaprodi Teknik Kimia, Firdaus menyatakan, batu kapur merupakan salah satu potensi yang sangat besar di Sumatera Barat untuk dimanfaatkan. Selain itu, menjadi bagian dalam pengujian ini merupakan suatu kehormatan bagi Teknik Kimia Universitas Bung Hatta. Sehingga harus tetap fokus terhadap pengujian batu kapur ini.

“Fokus utama kita adalah mendapatkan kondisi pembakaran optimal dgn memodifikasi tungku kalsinasi tradisional utk memperoleh kapur dengan kualitas memenuhi permintaan pasar, termasuk substitusi bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Dimana ada empat pasar yang menjadi target akan hal ini, yaitu: Industri CPO (Crude Palm Oil), PDAM (Perusahaan Air Minum), perkebunan sawit, dan industri cat,” ujarnya.

Firdaus selaku Kaprodi Teknik Kimia juga mengharapkan adanya implementasi yang tercipta setelah kerja sama dengan ESDM dan Balitbang Sumbar. Dimana, peran mahasiswa  sangat berpengaruh terhadap hal ini agar peran teknik kimia makin dirasakan  oleh masyarakat.

“Kerjasama yang telah terjalin antara Teknik Kimia FTI dengan ESDM dan Balitbang Sumbar agar tetap berlanjut hingga masa yang akan datang. Berdasarkan hasil riset Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKMK) khususnya di Sumatera Barat sangat banyak yang bisa didampingi. Pastinya mampu membuka peluang bagi mahasiswa Universitas Bung Hatta khususnya Teknik Kimia untuk bisa belajar kelompok berbasis project, sehingga peran teknik kimia makin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”tutupnya.

Pada rapat koordinasi tersebut juga hadir  Nofri Naldi,S.T (Alumni Teknik Kimia Angkatan 15) mengungkapkan akan arti penting dan manfaat yang dapat diperoleh dari hasil kerjasama pengkajian batu kapur yang dilakukan. Selain itu terlibatnya Teknik Kimia adalah suatu kebanggaan.

“Penelitian Pengolahan Pengolahan Batu Kapur antara Prodi Teknik Kimia dan Kimia UNAND  merupakan suatu yang sangat dibanggakan. Dimana, dengan adanya penelitian ini kita dapat mempraktekan atau mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari selama perkuliahan. Mahasiswa Teknik Kimia juga akan dimudahkan karena adanya kerjasama penelitian ini, yakni dapat memanfaatkan atau mengolah Sumber Daya Alam (SDA)  yang ada di Sumatera Barat menjadi produk yang lebih berguna dan bernilai jual tinggi. Selain itu juga dapat mempromosikan kepada masyarakat di luar Sumatera Barat,” tutupnya

(Cawan WP : Lisa Aprilia)

Wawasanproklamator.com JauhLebihDekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai