Tuesday, June 22, 2021
Memasuki Usia 25 Tahun, Fakultas Teknologi Industri Siap Menuju Akreditasi Internasional

Memasuki Usia 25 Tahun, Fakultas Teknologi Industri Siap Menuju Akreditasi Internasional



WAWASANPROKLAMATOR,- Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Bung Hatta telah memasuki usia 25 tahun tepat pada 04 Juni 2021. Sampai saat ini, FTI memiliki 5 program studi, yakni Teknik Elektro (S1), Teknik Industri (S1), Teknik Mesin (S1), Teknik Kimia (S1) dan Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan (D4). Tentunya telah banyak perubahan yang dilakukan demi meningkatkan kualitas FTI beserta program studi, Jumat (04/06/2021).

Pada usia yang baru ini, FTI Universitas Bung Hatta siap dan berkomitmen dengan gebrakan baru yakni menjadi fakultas dengan akreditasi yang berstandarkan The Indonesian Accreditation Board for Engineering Education(IABEE). Dimana, akreditasi ini merupakan akreditasi internasional yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbud Ristek RI).

Mirza Zoni., ST, MT, dosen Teknik Elektro Universitas Bung Hatta mengatakan,  pentingnya akreditasi International IABEE terutama dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Sehingga hal ini akan berdampak terhadap kualitas lulusan yang dihasilkan Perguruan Tinggi kedepannya.

“Akreditasi Internasional IABEE merupakan hal yang penting dalam menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan di FTI. Selain itu akreditasi internasional menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.  Jika kualitas proses sudah benar, pastilah proses yang dilakukan telah sesuai dengan standar dan ini akan berdampak dengan kualitas lulusan yang dapat dipertanggung jawabkan,”ungkapnya.

Erda Rahmi Laila Desfitri,S.T.,M.Eng.,Ph.D, dosen Teknik Kimia Universitas Bung Hatta juga menuturkan, mengenai dampak positif yang akan dirasakan oleh mahasiswa dan lulusan jika Fakultas Teknologi Industri berhasil mendapatkan akreditasi internasional. Dimana, akan menjadikan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja baik skala nasional ataupun internasional.

“Akreditasi internasional IABEE sangat diharapkan mampu mendongkrak kualitas mahasiswa serta lulusan FTI. Dimana, lulusan akan menjadi lebih siap memasuki dunia profesi baik skala nasional maupun internasional dan saya berharap semoga FTI terus menumbuhkan bibit-bibit unggul generasi bangsa yang terbaik dan mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh pasca sarjana,“ ungkapnya.

Dessi Mufti, S.T., M.T, dosen Teknik Industri Universitas Bung Hatta menuturkan, beberapa solusi yang dapat dilakukan saat berada di masa pandemi Covid-19. Ia juga memaparkan sebagai civitas academica tidak boleh menyerah dengan keadaan walaupun dalam situasi pandemi, karena hal ini akan berpengaruh terhadap sistem pengajaran.

“Walaupun pelaksanaan syukuran usia perak FTI di masa pendemi, namun tidak menyurutkan semangat dan komitmen dosen maupun mahasiswa. Beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu dengan berbenah diri, menguatkan sinergitas, solidaritas dan bentangkan harapan yang lebih luas untuk mewujudkan prestasi emas dan gemilang menuju FTI unggul dan bermartabat,” tuturnya.

Nafisa Rafikati Nasution, Mahasiswa Teknik Kimia Angkatan 2019 mengatakan,  dengan bertambahnya usia Fakultas Teknologi Industri diharapkan mampu menghasilkan generasi muda yang bermutu dan bermanfaat dalam mendukung kemajuan perindustrian.

“FTI adalah tempat dimana saya menuntut ilmu. Semoga FTI semakin berjaya dan tetap berkarya dalam menghasilkan generasi muda yang bermutu dan bermanfaat guna mendukung kemajuan perindustrian indonesia menuju internasional,”ujarnya.

Senada dengan Nafisa, Hafidz Ihsan, Mahasiswa Teknik Mesin Angkatan 2019 menuturkan,  eksistensiFTI di lingkungan masyarakat. Bahwasanya, FTI Universitas Bung Hatta telah memiliki nama yang sangat baik bagi masyarakat dan kedepannya mampu menjadi lebih baik lagi.

“Fakultas Teknologi telah dipercaya oleh masyarakat akan kemampuannya dalam menciptakan lulusan-lulusan yang sangat berkompeten dan bersaing pascakerja. Semoga Fakultas Teknologi Industri makin maju dan berjaya baik untuk saat ini ataupun masa yang akan datang.” ungkapnya.

(Cawan WP : Lisa Aprilia)

Wawasanproklamator.com  Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai