Tuesday, June 22, 2021
Beribadah dan Bersedekah, Salah Satu Kunci Kesuksesan yang Sebenarnya

Beribadah dan Bersedekah, Salah Satu Kunci Kesuksesan yang Sebenarnya



WAWASAN PROKLAMATOR,- Himpunan Masyarakat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (HMMPS PPKn) bersama Forum Studi Islam Nurul Jannah (FSI-NJ) menyelenggarakan Ngabuburit  Online yang  dilaksanakan dalam jaringan (daring) melalui platform  Zoom, Minggu (09/05/2021).

Mengusung tema “Meraih Fitrah di Penghujung Ramadan”,  kegiatan ini diisi oleh Dr.H. Muslim Tawakal, SH. M.Pd, Dosen LLDIKTI Wilayah X dpk pada Universitas Bung Hatta, dan Rizal Rul Fikri, Ketua Umum (Ketum) FSI-NJ sebagai pemateri kegiatan ini. Kegiatan ini dimoderatori oleh mahasiswa PPKn, Haula Putri Handayani.

Ketua Pelaksana (KP) Ngabuburit Online, Wandira mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi antar mahasiswa. Tak kalah penting, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT di bulan suci Ramadan.

“Di masa pandemi seperti ini bukan menjadi halangan untuk melakukan berbagai kegiatan, salah satunya Ngabuburit Online ini. Semoga kegiatan ini kedepannya lebih banyak lagi partisipannya dan bisa terus dilaksanakan pada Ramadan berikutnya,” ucap Wandira.

Pada penyampaian materinya Muslim menerangkan, dalam sabda Rasulullah SAW bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan yang didapatkan. Pertama gembira ketika detik-detik waktu berbuka tiba, kedua bergembira ketika Idul Fitri tiba.

“Kita berharap Allah SAW mengampuni dosa-dosa kita dengan cara bertekad melaksanakan puasa Ramadan dengan sungguh-sungguh di penghujung Ramadan ini. Selain itu hindari bermalas-malasan untuk beribadah di akhir Ramadan ini, dan berlomba-lombalah untuk berbuat kebaikan supaya mencapai fitrah atau kesucian yang hakiki,” terang Muslim.

Selanjutnya Rizal menyampaikan, kiat-kiat menjadi mahasiswa yang memiliki efisiensi waktu dalam pembangunan diri. Tiga poin formulasi super power dalam agama Islam, yakni harus bisa me-mindset diri dengan spiritual power kita, memiliki emotional power, dan rasional power.

“Sukses yang sebenarnya adalah keselamatan dunia dan akhirat serta ridha dari kedua orang tua. Beribadah seperti sholat malam dan bersedekah tak luput juga untuk dilaksanakan guna meningkatkan kualitas diri kita,” imbuh Rizal.

Salah satu panitia acara sekaligus peserta pada kegiatan ini, Masitoh Nasution, mahasiswa urusan PPKn angkatan 2018 mengutarakan, kegiatan ini sebagai wadah untuk berbagi ilmu seputar bulan Ramadan. Selain itu kegiatan ini juga memberikan tips amalan mendapatkan berkah di penghujung Ramadan.

“Ngabuburit Online ini sangat menyenangkan dan menambah ilmu seputar Ramadan. Semoga kegiatan ini selalu berjalan lancar dan bisa dilaksanakan lagi di tahun berikutnya,” tutur Masitoh.

Senada dengan Masitoh, Muhammad Fata Roihan Rambe, mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2018 mengatakan, adanya kegiatan ini bisa merubah pola pikir mahasiswa untuk menjadi lebih baik lagi. Selain itu, Fata mengungkapkan kedepannya panitia bisa mengatasi masalah dengan lebih baik lagi.

“Kegiatan ini memberikan  kesan yang bermanfaat untuk saya pribadi kedepannya. Semoga acara ini rutin diadakan pada Ramadan berikutnya karena kegiatan ini memberikan dampak yang positif kepada mahasiswa,” tutup Fata.

(Cawan WP: Fidiah Elfi)

Wawasanproklamator.com  Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai