Tuesday, June 22, 2021
Unsur Penting yang Dibutuhkan Untuk Melatih Penguatan Jasmani dan Rohani

Unsur Penting yang Dibutuhkan untuk Melatih Penguatan Jasmani dan Rohani



WAWASAN PROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta mengadakan kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar). Membahas topik “Bung Hatta Muda dalam Pengetahuan Jasmani dan Rohani”, dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom dan live streaming Youtube, Jumat (07/05/2021).

Dihadiri Wakil Rektor III, Dr. Hidayat S.T., M.T., IPM, Ketua Umum RAIDU Sumatera Barat, Ketua Himpunan Da’i Muda Indonesia Wilayah Sumatera Barat, Ustadz H. Azaka Ummah, Lc, dipl. MA.,M.H, sebagai pembicara pada kegiatan ini. Dipandu langsung oleh host Budi Sunaryo, ST., MT, Dosen Fakultas Teknologi Industri  Universitas Bung Hatta dan moderator  Zulfadli, S.Kom., M.Sc, Dosen Teknologi Rekayasa Komputer (TRKJ) Universitas Bung Hatta.

Dalam acara pembukaan Pendikar, Hidayat menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan jasmani dan rohani, sebab hal ini terhubung dengan kesehatan.

“Urgensi sebuah kesehatan jasmani dan rohani penting bagi kita bersama, sehingga dengan sehat itulah kita bisa banyak berbuat. Maka selagi Allah SWT memberikan nikmat sehat, lakukanlah berbagai hal agar kesehatan yang kita miliki ini memang benar-benar bermanfaat untuk diri kita, keluarga, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Ustadz Azaka, pembicara kali ini juga menjelaskan, di dalam Al-Quran dan hadist terdapat istilah tentang sebuah kekuatan. Allah dan Nabi Muhammad menyatakan sesungguhnya mukmin yang kuat memiliki 2 syarat yaitu beriman dan kuat. Hal itu lebih dicintai dan diprioritaskan oleh Allah.

“Allah SWT memprioritaskan orang beriman dan kuat. Pada sebuah hadist, Nabi Muhammad berkata orang yang beriman dan kuat itu lebih dicintai oleh Allah SWT daripada orang beriman tapi lemah, namun keduanya itu baik dia kuat atau lemah ada kebaikan di dalam dirinya. Kenapa kebaikan karena dia beriman walaupun dia lemah tapi dia masih ada iman, maka dia punya posisi istimewa di sisi Allah SWT tetapi tidak seistimewa mukmin yang kuat,” tuturnya.

Ustadz Azaka juga menuturkan 3 unsur yang harus kita perhatikan sebagai langkah untuk membuat kita kuat secara jasmani dan rohani.

“Pertama, kekuatan ilmu atau wawasan,  melalui penguasaan teknologi pemuda/i bisa mengembangkan ilmunya lebih luas. Kedua, kuat rohani dengan memperbanyak amalan saleh, ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT. Ketiga, kuat jasmani dalam hal ini kita bisa menjaga pola makan, pola tidur dan berolahraga,” tuturnya.

Nabila Putri Afifah, peserta dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bung Hatta mengungkapkan kesan dan pesannya terhadap acara Pendikar ini.

“Acara yang sangat bagus untuk membangun karakter kita sebagai mahasiswa apalagi diadakan di hari jumat, jadi tiap minggunya kita bisa mendapatkan ilmu dari berbagai sumber. semoga acara ini tak terhenti dan antusias mahasiswa bisa lebih meningkat,” tutup Nabila.

(Cawan WP : Riko Azardi)

Wawasanproklamator.com Jauh lebih dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai