Tuesday, June 22, 2021
Tingginya Antusiasme Caang, UKPM-WP Gelar Diklat Kedua Secara Online

Tingginya Antusiasme Caang, UKPM-WP Gelar Diklat Kedua Secara Online



WAWASAN PROKLAMATOR,- Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Wawasan Proklamator (UKPM-WP) adakan kegiatan Diklat Wawasan Proklamator (DWP) gelombang kedua untuk Calon Anggota (Caang) angkatan 2019 dan 2020. Mengusung tema yang sama pada DWP sebelumnya, yaitu Develop Your Jurnalistic Quality In Diklat Wawasan Proklamator, diselenggarakan secara dalam jaringan (daring) melalui Zoom, Minggu (02/05/2021).

DWP Online ini bertujuan untuk memberikan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) kepada Caang UKPM-WP yang belum melaksanakan DWP pada gelombang sebelumnya. Adapun pemateri kegiatan kali ini yaitu Syofiardi Bachyul Jb, Mantan Ketua Majelis Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Bayu Haryanto, S.T., Blogger Kidalnarsis.com, Founder Padang Heritage, dan Yona Libra, Koordinator Divisi Usaha dan Iklan UKPM-WP.

Nandhita Febrina Exson, Ketua Pelaksana (KP) DWP Online menjelaskan, DWP kali ini dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama bagi Caang yang dapat hadir secara langsung dan berdomisili di Sumatera Barat (Sumbar). Sedangkan untuk gelombang kedua bagi Caang yang berhalangan hadir serta berasal dari luar daerah Sumbar.

“Banyaknya Caang yang berasal dari luar Sumbar dan antusiasme mereka yang tinggi untuk ikut bergabung. Selain itu, proses kaderisasi juga harus berlanjut meski di tengah masa pandemi. Alasan ini yang melatarbelakangi kami melaksanakan DWP gelombang kedua secara online,” ujar Nandhita.

Caang mengikuti serangkaian acara DWP Online dengan aktif, ibadah puasa tidak menghalangi semangat mereka untuk meramaikan acara dan memperoleh ilmu seputar jurnalistik. Jumlah Caang yang hadir 14 orang berasal dari jurusan dan angkatan yang berbeda. Panitia sangat mengapresiasi semangat Caang selama kegiatan berlangsung, hal ini disampaikan Nandhita.

“Kami mengapresiasi semangat Caang meskipun terpisah oleh jarak, tetapi tidak meruntuhkan semangat mereka untuk berorganisasi. Semoga Caang yang nantinya menjadi Calon Wartawan (Cawan) tetap bertahan serta berproses di UKPM-WP. Serta dapat berkontribusi nyata untuk kemajuan UKPM-WP di masa depan,” tutup Nandhita.

Pimpinan Umum (PU) UKPM-WP, Rizal Syahyudi memaparkan, untuk kegiatan DWP Online 2021 dapat memperkaya pengetahuan Caang terkait ilmu jurnalistik. Ilmu yang diperoleh ini nantinya dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga Caang bisa mempertajam serta mengasah kemampuan jurnalistik yang mereka miliki. Tetap jaga kekompakkan, karena kalian yang nantinya akan melanjutkan kepengurusan UKPM-WP berikutnya,” tutup Rizal.

Afifah Atika Rani, salah satu Caang DWP Online 2021 jurusan Sastra Indonesia angkatan 2020 memaparkan hal-hal baru yang diperoleh terkait jurnalistik berdasarkan penyampaian materi yang telah ia simak.

“Banyak hal baru yang didapatkan salah satunya bisa memahami ilmu jurnalistik dari berbagai macam sudut pandang. Semoga keseriusan di bidang jurnalistik bisa meningkat untuk kedepannya,” papar Afifah.

Caang lainnya, Afdal Sukma jurusan Teknik Elektro angkatan 2018 juga mengungkapkan keinginannya untuk bertemu secara langsung dan berdiskusi bersama Cawan UKPM-WP.

“Semoga bisa bertemu dengan Cawan lain secara langsung untuk berdiskusi. Tetap semangat mengikuti proses magang sebagai tahapan yang harus dilalui kedepannya untuk menjadi wartawan UKPM-WP dan dapat melanjutkan kepengurusan UKPM-WP berikutnya,” tutup Afdal.

(Cawan WP: Fidiah Elfi)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai