Wednesday, May 12, 2021
Persembahan Dies Natalis ke-40, Universitas Bung Hatta Duduki Posisi ke-83 Perguruan Tinggi se-Indonesia

Persembahan Dies Natalis ke-40, Universitas Bung Hatta Duduki Posisi ke-83 Perguruan Tinggi se-Indonesia



WAWASAN PROKLAMATOR,-  Rapat terbuka Dies Natalis ke-40 dan Lustrum VIII Universitas Bung Hatta berhasil digelar di Aula Balairung Caraka Gedung B, Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta. Mengusung tema “Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Penguatan Program Studi untuk Menghasilkan Lulusan yang Berdaya Saing”, Kamis (20/04/2021).

Kegiatan ini diadakan terbuka untuk umum. Dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, yang dilaksanakan secara luar jaringan (luring) dan juga dalam jaringan (daring) melalui aplikasi Zoomdan live Youtube.

Rapat diresmikan  dengan ketukkan palu sebanyak tiga kali oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Tafdil Husni, S.E., MBA. Turut hadir Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H. Mahyeldi, S.P; Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hatta (YPBH), H. Masri Hasyar, S.H; Kepala LLDIKTI Wilayah X, Prof. Dr. Herri S.E., MBA; Putri Proklamator Bung Hatta, Prof. Dr. Meutia Farida Hatta, dan Dosen Universitas Bung Hatta, Dr. Pasylmi, S.T., M.T, yang nantinya  akan membacakan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-40 dan Lustrum VIII Universitas Bung Hatta dengan judul Menundukkan Fenomena Turbulance/VUCA.

Dalam pidatonya, Rektor Universitas Bung Hatta mengungkapkan perkembangan kinerja perguruan tinggi di Indonesia saat sekarang ini.

”Klasterisasi 17 Agustus 2020 lalu menilik empat aspek utama untuk menentukan kinerja perguruan tinggi, yaitu aspek input, sumber daya manusia dan mahasiswa, kemudian proses pengelolaan kelembagaan. Output, pencapaian kerja jangka pendek, serta outcome, pencapaian jangka panjang,” ungkap Tafdil Husni.

Lebih lanjut Tafdil Husni menyampaikan, berdasarkan indikator-indikator pada aspek tersebut, Universitas Bung Hatta menempati posisi ke-83 perguruan tinggi se-Indonesia.

“Kurang lebih ada dua ribu perguruan tinggi se-Indonesia, Universitas Bung Hatta menempati posisi ke-83 dan merupakan perguruan tinggi swasta terbaik di Sumatera. Pencapaian yang sangat membanggakan dan juga hal ini tentunya menjadi tantangan baru bagi kita untuk melakukan hal yang lebih baik lagi dimasa depan,” ujar Tafdil Husni.

Ketua Badan Pengurus YPBH, Masri Hasyar turut serta memberikan sambutannya pada rapat terbuka kali ini.

“Selamat atas pencapaian di bawah pimpinan rektor saat ini, semoga prestasi ini dapat kita tingkatkan dimasa-masa yang akan datang jika kita mau melakukan evaluasi terus menerus,”ujar beliau.

Senada dengan Masri Hasyar, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Herri turut hadir memberikan ucapan selamat pada sambutannya.

“Selamat atas 40 tahun dan kami mengapresiasi atas pencapaian Universitas Bung Hatta. Saya yakin dengan kerja sama yang bagus antara yayasan dengan universitas dalam jangka waktu 5 tahun kedepan akan terwujud visi berwawasan internasional,” pungkas Herri.

Putri Proklamator Bung Hatta, Meutia Farida Hatta yang turut hadir melalui Zoom juga memberikan sambutannya  pada kesempatan ini.

”Selamat kepada Bapak Rektor dan seluruh jajarannya yang pada hari ini merayakan Lustrum VIII, yakni 40  tahun berdirinya Universitas Bung Hatta. Universitas Bung Hatta kedepannya tetap berjuang dalam penyelenggaraan pendidikan dan makin maju serta arif memahami tantangan zaman yang semakin kompleks,”ujar beliau.

Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi yang turut hadir melalui Zoom mengutarakan harapan kedepannya untuk Universitas Bung Hatta.

“Kami berharap Universitas Bung Hatta bersama dengan pemerintah Provinsi Sumatera Barat bisa memaksimalkan potensi Universitas Bung Hatta selanjutnya kedepan, kita memiliki tanggung jawab menjaga keberadaan teladan Bung Hatta supaya tidak redup, dan bisa bersinar hingga kancah internasional,” tutup Mahyeldi.

 

(Cawan: Fidiah Elfi)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai