Wednesday, May 12, 2021
Tugas Akhir Anggota Muda Angkatan XV UKM Kesprok Sukses Digelar

Tugas Akhir Anggota Muda Angkatan XV UKM Kesprok Sukses Digelar



WAWASAN PROKLAMATOR-, Anggota Muda Angkatan XV Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian Proklamator (Kesprok) melaksanakan Tugas Akhir (TA) mereka di Balairung Caraka Gedung H, Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Sabtu (10/04/2021).

C19 No See Art, tema yang diangkat pada kali ini memiliki makna tersendiri. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana (KP) TA sekaligus Anggota Muda Angkatan XV UKM Kesprok, Rahmat Dandi dalam kata sambutannya.

“Karena Covid-19 ini semua aktivitas kita dibatasi, tetapi tidak menghalangi kita untuk berkarya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk proses keanggotaan kami selanjutnya. Semoga acara ini bisa berjalan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tutup Rahmat dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Rahmat memaparkan berapa lama persiapan TA dilakukan. Hal ini disampaikan Rahmat saat kami berhasil mewawancarai KP TA Anggota Muda Angkatan XV UKM Kesprok ini.

“Anggota muda berproses satu bulan, dimana selama dua minggu kami difokuskan ke kepanitiaan dan dua minggu sisanya difokuskan pada karya masing-masing anggota muda. Karya tari, teater, suara, musik, fotografi, dan seni rupa itu prosesnya dilakukan dua minggu sisanya, dan tidak ada kendala yang berarti saat TA berlangsung,” papar Rahmat.

TA ini dibagi dalam dua acara, acara formal dimulai pukul 10.00-10.55 WIB dan acara non formal semulanya dilakukan setelah istirahat, sholat, dan makan (Ishoma) hingga pukul 15.30 WIB diperpanjang hingga pukul 21.00 WIB dikarenakan antusiasme partisipan yang tinggi.

Selain penampilan dari berbagai divisi UKM Kesprok, TA ini juga dihadiri dua Guest Star, pertama Guest Star Stand Up Comedy, Ivan Ajo dan kedua Guest Star Acoustic, Rizo.

Rahmat mengungkapkan bagaimana perasaannya saat berlangsungnya TA ini.

“Saya terharu karena kali ini saya yang bertanggung jawab atas acara ini dan berjalan lancar walau dalam keadaan seperti ini. Harapan saya untuk TA selanjutnya lebih baik lagi daripada sekarang, dan untuk teman-teman,  saya teman/teman bisa mempertahankan apa kata hati dan tetap fokus ke tujuan awal,” tutup Rahmat.

Wahyu Diansyah Putra, Ketua UKM Kesprok menyampaikan tujuan diadakannya TA ini.

“TA adalah bentuk dari pengaplikasian ilmu-ilmu yang didapat oleh anggota muda saat menempuh pendidikan dasar kesenian, dan TA ini bertujuan untuk melatih anggota muda menjadi kepanitian dalam membuat sebuah event. Pada TA anggota muda akan dinilai keberhasilan dan prosesnya untuk menjadi anggota biasa UKM Kesprok. Semoga adanya ilmu dan pengalaman dari TA yg sudah dilaksanakan dan bisa berproses di Kesprok kedepannya hingga menjadi anggota luar biasa dan menjadi anggota yang berdedikasi dan loyal kepada Kesprok,” ujar Wahyu.

Sejalan dengan Wahyu, Iswatun Hasanah selaku anggota Kesekretariatan UKM Kesprok memaparkan tujuan diadakannya kegiatan ini.

“TA sebagai salah satu tahap yang harus dilalui anggota muda untuk menjadi anggota biasa dan melatih anggota muda dalam me-manage event dan melatih kepercayaan diri anggota muda untuk tampil di depan banyak orang. Ada 24 anggota muda yang melaksanakan TA ini. Dan partisipan pun juga beragam asalnya,” papar Iswatun.

Dengan adanya kegiatan ini, Iswatun berharap agar anggota muda bisa mendapat lebih banyak pelajaran kedepannya.

“Semoga dengan adanya tugas akhir ini, anggota muda dapat lebih banyak pelajaran dan kedepannya dapat menjalani proses dengan lebih baik dan tidak mudah menyerah,” tutup Iswatun.

Perwakilan aliansi UKM Kesenian se-Kota Padang; Presiden Mahasiswa (Presma); Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Masyarakat Mahasiswa (Sekjen DPMM) Universitas Bung Hatta juga turut hadir menyampaikan kata sambutan untuk TA Anggota Muda Angkatan XV UKM Kesprok ini.

Calvin Nanda Pramana, Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta memaparkan harapan kedepannya setelah TA Anggota Muda Angkatan XV UKM Kesprok ini diadakan.

“Harapan kedepannya agar anggota-anggota muda UKM Kesenian Proklamator ini selalu berproses dan berkembang dalam mengembangkan seni atau budaya nusantara. Semoga UKM Kesenian Proklamator dapat membanggakan almamater kita. Dan untuk anggota kepengurusan yang lebih dulu bergabung sekiranya dapat membimbing anggota-anggota muda yang tergabung dalam UKM Kesenian Proklamator,” tutup Calvin pada sambutannya.

(Cawan: Fidiah Elfi)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai