Wednesday, May 12, 2021
Satu Dekade Aspem Sumbar, Adakan Kongres Pererat Solidaritas

Satu Dekade Aspem Sumbar, Adakan Kongres Pererat Solidaritas



WAWASANPROKLAMATOR-, Asosiasi Pers Mahasiswa Sumatera Barat (Aspem Sumbar) menyelenggarakan acara pembukaan kongres ke-VI secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dan juga daring menggunakan aplikasi zoom. Kegiatan ini bertempat di Aula lantai 3 perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Sabtu (27/03/2021).

Fachri Hamzah, selaku ketua pelaksana menyampaikan ucapan terimakasih kepada tamu undangan yang telah meramaikan acara kali ini walaupun masih dalam situasi pandemi, serta rasa terimakasih yang mendalam kepada panitia yang telah berjuang untuk mengangkat kegiatan kongres.

“Terimakasih kepada kawan-kawan yang telah menyempatkan hadir secara langsung pada acara kali ini. Padahal di tengah situasi pandemi seperti sekarang kita dianjurkan untuk tetap berada di rumah saja, tetapi kawan-kawan dapat datang dan bergabung secara langsung.

Panitia telah berusaha keras untuk mempersiapkan kongres kali ini, walaupun sempat ada drama dan beberapa hambatan yang tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan, tetapi pada akhirnya panitia mampu mengatasi permasalahan tersebut sehingga kegiatan dapat dilaksanakan,” tuturnya.

Ketua Pelaksana juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas keterlambatan acara pembukaan kongres, karena ada beberapa kendala teknis yang berkaitan dengan jalannya acara.

“Semula kegiatan ini akan di adakan di Aula Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol, tetapi secara tiba-tiba dari pihak kampus melakukan pembatalan peminjaman gedung disebabkan karena kegiatan kongres kali ini bertepatan dengan kegiatan Pekan Kreatif Mahasiswa (PKM) yang diadakan oleh kampus, padahal kami telah melakukan peminjaman gedung dari jauh hari,”ujarnya.

Ketua Umum Aspem Sumbar, Rona Fitria Hasanah turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tamu undangan yang hadir secara langsung, dan juga dari beberapa Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) se-Indonesia yang bergabung menggunakan aplikasi zoom.

Kemudian penjelasan terkait tema yang diangkat yaitu Satu Dekade Aspem Sumbar: Euforia Gerakan dan Mentalitas Kolaboratif Pers Mahasiswa yang Responsif, dan juga cerita awal mulanya terbentuk Aspem Sumbar.

“Sejarah Aspem sumbar yang berdiri pada tanggal 25 Maret 2011,  diprakarsai oleh tiga orang deklarator Andri El Faruqi dari (Suara Kampus), Heri Faisal (SKK Ganto) dan Joni Aswira (Wawasan Proklamator), yang bertujuan agar pers mahasiswa di Sumatera Barat dapat berkumpul, bekerja sama dan berkegiatan dalam bidang jurnalistik. Deklarasi ini pada awalnya diikuti oleh 9 LPM se-Sumbar, dan hingga saat ini sudah bergabung 12 LPM se-Sumbar di dalam Aspem.

Lebih lanjut mengenai tema yang kami angkat, terinspirasi awalnya dari pergerakan pers mahasiswa yang terbawa arus dan kurangnya semangat pergerakan. Mentalitas kolaboratif yang minim, juga dapat dilihat dari jiwa kolaborasi antar sesama kita secara internal dan sesama LPM lainnya saat ini semakin menurun dari tahun ke tahun. Kegiatan kongres kali ini tentunya diharapkan dapat mewujudkan jiwa kolaborasi antar sesama, dan nantinya dapat berkarya menghasilkan produk jurnalistik yang sesuai dengan kode etik jurnalistik,”ucapnya.

Acara pembukaan kali ini ditutup dengan sesi tiup lilin serta pemotongan kue ulang tahun satu dekade perjalanan Aspem Sumbar, dan juga sesi foto bersama dengan panitia, pengurus Aspem, dan juga beberapa delegasi dari LPM yang hadir.

Dila WP

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai