Thursday, July 29, 2021
BEM FTI UBH Gelar Kuliah Umum

kuliah umum mengenai dunia perminyakan yang bertempat di ruang sidang FTI Kampus III UBH, Jumat (28/10/2011) siang.(Ubay WP)

BEM FTI UBH Gelar Kuliah Umum "Oil, Gas and Geotermal"



WAWASAN PROKLAMATOR,- Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta (BEM FTI UBH) mengadakan kuliah umum mengenai dunia perminyakan yang bertempat di ruang sidang FTI Kampus III UBH, Jumat (28/10/2011) siang.

Acara yang dibuka oleh Dekan FTI ini bertemakan "Orientation and The Next Opportunity Industrial Oil, Gas and Geotermal" yang disampaikan oleh Benny, ST salah satu alumni FTI UBH yang telah bekerja di Quait dan telah lama malang melintang di dunia perminyakan dan geotermal (panas bumi).

Dalam sambutanya, Ketua Pelaksana, Frisian Aribowo mengatakan, agar materi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi peserta dan dapat membuka wawasan mengenai dunia perminyakan.

Senada dengan Frisian, gubernur BEM FTI Muhammad Sauki juga menyampaikan, agar peserta dapat mengambil manfaat dari kuliah umum  dan dapat menjalin silaturahmi dengan alumni serta sebagai batu loncatan bagi peserta untuk mengenal lebih jauh mengenai dunia kerja.

Materi yang disampaikan cukup menarik perhatian peserta terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta baik dari seputar perminyakan maupun dunia kerja.

Seperti halnya, Neotrinus alumni Jurusan Teknik Kimia yang baru diwisuda ini, ia menanyakan prospek kerja seorang engineer apalagi kita di FTI ini untuk dunia perminyakaan dan panas bumi.

Isi materi yang menceritakan Rig (Peralatan Pengeboran), Drilling Crew, Handling Tubular, Service Company seperti Cementing, Logging, Air Drilling, Directional Drilling, Mud Logger dan Mud Engineer.

Intinya tentang bagaimana proses pengeboran sumur minyak dan panas bumi dan pengetahuan di dunia perminyakan. Apalagi dengan dipertunjukannya animasi serta foto-foto kondisi di lapangan saat melakukan pengeboran minyak memukai peserta kuliah umum ini.

Benny yang memiliki keahlian dibidang Drilling (pengeboran) ini menjelaskan, berdasarkan hasil kajian, potensi geotermal (panas bumi) di Sumatera sangatlah tinggi dimulai dari Aceh hingga Lampung bahkan kedepannya Sumatrera Barat memiliki potensi panas buni dan rencananya akan dilakukan eksplorasi di daerah Muaro Labuh, Solok.

Bahkan, ia menyebutkan dalam satu sumur saja bisa melibatkan 30 perusahaan yang terlibat dalam pengeboran tersebut untuk mengeksploitasi baik minyak, gas dan panas bumi.

Di sesi terakhir Ir. Edi Septe, MT, dosen Jurusan Teknik Mesin menambahkan, kini fakultas tengah memfokuskan diri ke bidang oil dan gas karena industri perminyakan ini, selain memiliki pendapatannya besar, juga tenaga engineer-nya banyak sekali dibutukan. Apalagi untuk disiplin ilmu di FTI seperti Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro dan Teknik Industri.

"Berbicara dunia kerja, diharapkan lulusan dari UBH khususnya FTI dapat berkompetensi dengan lulusan dari perguruan tinggi lain, karena kita harus menunjukan kemampuan apa yang kita punya dan merubah pola pikir kita yang selalu berkinginan menjadi pegawai negeri setelah lulus kuliah," ungkapnya.

Tidak hanya itu, bennny pun menyarankan agar sebelum kita lepas ke dunia kerja, untuk tahap awalnya lebih baik pilihkah tempat kerja prakatik yang benar-benar membawa kita ke dunia kerja.

Selain itu, ia menambahkan agar meningkatkan kemampuan bahasa asing terutama bahasa inggris karena kita akan bersaing dengan pekerja dari tenaga asing apalagi di era globalisasi ini.

(Ubay WP)

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai