Sunday, September 19, 2021
Mahasiswa Sumbar Lakukan Aksi Tolak Kenaikan BBM

Ribuan mahasiswa Sumbar melakukan aksi ujuk rasa menolah kenaikan harga BBM, Kamis (29/03/2012). (Foto:Andhika)

Mahasiswa Sumbar Lakukan Aksi Tolak Kenaikan BBM



WAWASAN PROKLAMATOR,- Ribuan mahasiswa dari beberapa kampus dan elemen pergerakan eksternal kampus secara serentak melakukan unjuk rasa terkait kenaikan Bahan Bakar Minyak pada 1 April 2012 di depan Gedung DPRD Sumatera Barat, Jalan Khatib Sulaiman, Padang, Kamis (29/03/2012).

Dalam aksinya mahasiswa meminta Gubernur dan DPRD Sumbar untuk menolak dengan tegas kenaikan harga BBM. "Kami meminta pernyataan sikap dari gubernur dan DPRD agar menolak kenaikan BBM," ujar Yurizky Fikri, Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta.

"Kenaikan BBM akan sangat memiskinkan kalangan tertentu, seperti buruh, nelayan, serta pekerja lain yang berada dibawah garis kemiskinan" tutur David, Mahasiswa FPIK UBH

David mengatakan, setiap kebijakan itu harus berpihak kepada rakyat-rakyat kecil. "Kenaikan BBM akan membuat sengsara rakyat," tutur David.

Mahasiswa dalam aksinya melakukan penurunan bendera setengah tiang dan melakukan teaterikal di sepanjang jalan di depan gedung DPRD sebagai simbolis keprihatinan terhadap kesengsaraan rakyat yang menanggung akibat dari naiknya harga BBM.

Tak hanya itu, akibat terjadi kericuhan saat unjuk rasa salah seorang yang ikut aksi tergigit oleh anjing pelacak polisi ketika hendak melerai aksi demo mahasiswa yang mulai anarkis.

Aksi ini diikuti oleh berbagai elemen kelompok mahasiswa seperti dari Lingkaran Mahasiswa Minangkabau Raya (Limamira), Kelompok Cipayung, Aliansi BEM se-Sumbar, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bahkan dari Serikat Petani Indonesia (SPI) tutur serta dalam demonstrasi penolakan kenaikan BBM hari ini.

(Una/Adil WP)

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai