Sunday, September 19, 2021
ASPEM SUMBAR Rayakan Ulang Tahun Perdananya

ASPEM SUMBAR Rayakan Ulang Tahun Perdananya



WAWASAN PROKLAMATOR,- Asosiasi Pers Mahasiswa Sumatra Barat (ASPEM-SUMBAR) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) pertamanya dengan mengadakan acara Diskusi  "Konvergensi Media serta Kode Etik dan Ancaman Hukum Pers Mahasiswa" yang bertempat di Kantor ASPEM, Jalan Raya Andalas No 31 BLK 29, Padang Timur, Sabtu (24/03/2012).

Meski dirayakan sehari lebih awal (yang seharusnya Minggu (25/03/2012) esok.red) diskusi ini dimoderatori langsung oleh Hendra, Ketua ASPEM dan materi diskusi disampaikan oleh Hendra Makmur, Ketua AJI Padang. 

Pada sesi pertama membahas "Konvergensi Media". Menurut Hendra, Konvergensi Media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan.

"Melihat banyaknya media yang mulai menggabungkan media cetak, TV dan Radio dalam satu media tersebut, tidak ditutup kemungkinan media-media yang dimiliki oleh pers mahasiswa dapat juga disatukan," tambahnya.

Hendra mengatakan, sebelum menuju ke sana, baikanya pers mahasiswa memperkuat struktur organisasi dan keredaksiannya dengan melakukan berbagai pelatihan dan diskusi-diskusi yang berujung dengan pembuatan kurikulum bersama.

"ASPEM harus memulainya," tegasnya.

"Kurikulum ini ditujukan untuk memudahkan para anggota pers mahasiswa dalam menerima materi-materi jurnalistik dari materi dasar hingga lanjut," katanya.

Seusai istriahat siang, Hendra Makmur melanjutkan diskusi dengan materi  "Kode Etik dan Ancaman Hukum Pers". Pers akan dilindungi oleh UU Pers jika ia berupa perusahaan sedangkan pers mahasiswa tidak ada masih dibawah pimpinan kampus dan bukan perusahaan.

"Meski pers mahasiswa belum memiliki payung hukum yang pasti, tapi pers mahasiswa bisa dikatakan pers alternatif dan Bekti Nugroho pernah menyampaikan Dewan Pers akan membantu pers mahasiswa, selagi itu untuk kepentingan publik dan mematuhi kode etik jurnalistik," ungkapnya.

Kue Pertama dan Pencapaian ASPEM satu tahun

Rangkaian acara HUT ASPEM ini diakhiri dengan acara seremonial pemotongan kue oleh Ketua ASPEM yang didampingi dengan pimpinan umum masing-masing LPM anggota ASPEM.

Sebelum pemotongan kue, masing-masing perwakilan LPM menyampaikan testimonial yang umumnya mengungkapkan ucapan selamat ulang tahun dan harapan-harapan ke depan untuk ASPEM lebih baik lagi.

Menurut Hendra, Ketua ASPEM SUMBAR hingga saat ini, 13 LPM telah tergabung di ASPEM ini dan menyusul beberapa daerah lainnya seperti dari Solok, Pesisir Selatan dan Padang Panjang. 

"ASPEM juga kerjasama dengan Harian Padang Ekspres mengisi rubrik Kampus terbit setiap hari Minggu dan Padang TV untuk mengisi rubrik di acara Kampus Kita," ungkapnya

"Semua pencapaian ASPEM saat ini, tanpa dukungan kawan-kawan semua tidaklah ada apa-apanya,"tambahnya.

54 anggota ASPEM yang berasal dari 11 LPM ini hadiri memeriahkan perayaan hari jadi ASPEM yang sederhana, namun berkesan dan bermakna.

(Ubay WP/Cawan WP: Armalina)

WawasanProklamator.com Jauh Lebih Dekat 

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai