Monday, July 26, 2021
Pesona Gunung Dempo Pagar Alam Sumatera Selatan

Pesona Gunung Dempo Pagar Alam Sumatera Selatan



WAWASAN PROKLAMATOR,- Indonesia mempunyai berbagai gunung yang memiliki karakteristik yang unik. Mendaki gunung merupakan salah satu tujuan wisata ketika masuknya musim liburan. Kekhasan gunung yang memiliki udara sejuk dan menyegarkan membuat pencinta alam tidak akan bosan-bosannya untuk menjelajahi berbagai gunung di Indonesia.

Gunung Dempo merupakan salah satu gunung yang layak dikunjungi ketika memasuki kota Pagar Alam, Sumtera Selatan. Gunung Dempo dikenal sebagai atap tertinggi Sumatera Selatan mengingat tinggi gunung dempo adalah 3.195 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Untuk sampai di kawasan Pagar Alam jarak yang ditempuh sejauh 300 Km dari Kota Palembang dengan waktu 6-7 jam perjalanan. Dari terminal Pagar Alam bisa diakses dengan berjalan kaki selama 15 menit menuju kaki gunung.

Ketika pendaki ingin mendaki gunung dempo biasanya lebih memilih bermalam di atas gunung untuk melihat sunrise. Suasana di gunung dempo sangat membuat candu para pecinta alam dan ingin berlama-lama. Kawah yang berada di tengah gunung dempo membuat siapapun takjub, permukaan kawahnya yang beragam corak menambah nilai keanggunan.

Pada kondisi pandemi akses menuju gunung dempo sempat tertutup, tetapi telah dibuka kembali sejak 25 Juni 2020 dengan syarat pada saat melakukan pendakian harus menerapkan protokol kesehatan. Ada beberapa jalur yang bisa dilalui oleh para pendaki yaitu jalur Kampung IV, jalur Tugu Rinau, dan jalur Jarai.

Gunung Dempo menyuguhkan banyak pemandangan alam, di kawasan kaki gunung juga terdapat hamparan luas kebun teh yang sangat memanjakan mata. Selain itu, wisatawan dapat mengunjungi perkebunan warga dan bisa membeli sayuran segar langsung dari para petani.

(Cawan WP : Febry Rahayu)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai