Monday, July 26, 2021
Keindahan Danau Ranau yang Membelah Sumatera Selatan dan Lampung

Keindahan Danau Ranau yang Membelah Sumatera Selatan dan Lampung



WAWASAN PROKLAMATOR,- Danau Ranau salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi ketika berada di Ogan Komering Ulur (OKU) Sumatera Selatan. Danau vulkanik yang memisahkan Sumatera Selatan (Sumsel) dan Lampung menyimpan sejuta pesona yang memanjakan mata.

Daya tarik yang dimiliki danau ranau adalah pemandangan gunung semuning yang bisa dilhat langsung dengan mata. Keberagamannya yang gagah menjadi kekaguman bagi banyak wisatawan yang bahkan tidak segan-segan untuk terus mengabadikannya.

Danau Ranau terkenal sebagai danau terluas setelah Danau Toba yang dimiliki oleh Sumatera Utara. Dengan luas yang 125,9 kilomoter persegi, kedalaman 229 meter, dan ketinggian permukaan sekitar 540 meter. Danau Ranau terbentuk akibat terjadinya gempa besar dan semburan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar membentuk danau.

Kekayaan bawah air Danau Ranau tidak kalah megahnya, terdapat banyak ikan air tawar yang hidup didalamnya. Ikan-ikan ini menjadi sumber pencarian dari warga sekitar untuk dijual kepada para pemilik restoran ikan.

Banyak wahana air yang bisa dinikmati oleh para pengunjung di Danau Ranau ini, terdapatnya arung jeram dengan arus yang sangat menantang, serta terdapatnya waterpark yang berlokasi dipinggir danau. Tentunya hal ini sangat bisa dinikmati oleh orang dewasa sampai anak-anak.

Lokasi dan suasana Danau Ranau sangatlah memberikan efek menyegarkan bagi para wisatawan, angin yang berhembus dan rimbunnya perbukitan hijau membantu meringankan stress yang dimiliki. Tidak heran jika setiap memasuki musim liburan, Danau Ranau menjadi tempat yang tidak pernah sepi dikunjungi. Walaupun akses menuju kesana tidak lah bagus untuk pengguna kendaraan pribadi dikarenakan jalanan yang terjal dan tidak bersahabat. Hal ini tak menutup keinginan para wisatawan untuk berkunjung.

Pulau Marisa yang berada di tengah danau menjadi daya pikat wisatawan, terdapat mata air panas yang memanjakan, dengan berendam didalamnya membuat penasaran banyak orang. Sehingga pesona dari Danau Ranau ini tidak ada habisnya.

Untuk penginapan Danau Ranau terdapat fasilitas untuk beristirahat ataupun menginap. Mulai dari villa maupun hotel, hal ini sangat membantu para wisatawan untuk bisa lebih lama lagi menikmati pesona Danau Ranau. Apakah anda tertarik untuk mengunjungi Danau Ranau pada liburan kali ini?

(Cawan WP : Febry Rahayu)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai