Sunday, September 19, 2021

Sikap Mahasiswa yang Membawa Malapetaka



WAWASAN PROKLAMATOR,- Menjalani perkuliahan sebagai mahasiswa memang harus bersikap hati-hati. Selain faktor umur yang telah menunjukkan kedewasaan seseorang, namun juga adanya rasa kepercayaan atas segala pengalaman yang telah dilewati semasa sekolah. Dimana, akan sulit dipercaya jika seorang mahasiswa masih mencerminkan sifat negatif bagi lingkungannya.

Pertama, berbohong. Seorang mahasiswa yang pernah berbohong atas fakta yang sebenarnya secara tidak langsung akan memperburuk citra dirinya sendiri. Dimana, orang akan sulit mempercayainya lagi untuk masa yang akan datang. Sehingga, untuk meletakkan suatu jabatan ataupun kerjasama bersama dosen akan sulit.

Kedua, adu domba. Demi mewujudkan keinginan untuk menjadi teman yang baik di mata semua orang, tidak sedikit mahasiswa yang bersikap adu domba. Tidak dapat dipungkiri, semua orang memiliki teman terdekat dan terjauh. Nah, hal ini dimanfaatkan oleh si adu domba ini untuk masuk dengan cara menyesuaikan topik pembicaraan dengan orang tersebut yaitu menjelekkan musuh. Pada awalnya akan baik-baik saja, namun jika telah keceplosan dan terungkap akan menjatuhkan nama baiknya sendiri, sehingga orang akan menjauh.

Ketiga, ingkar janji. Mahasiswa memiliki waktu yang fleksibel dibanding SMA, sehingga banyak kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan ataupun hanya sekedar nongkrong biasa. Jika memiliki sifat yang ingkar janji, berkata iya tapi tidak sesuai dengan perbuatan yang dilakukannya maka orang lain akan malas mengikutsertakannya.

Itulah beberapa sikap mahasiswa yang jika terus dilakukan akan membawa malapetaka bagi dirinya sendiri. Akibat yang akan dirasakannya itu seperti dijauhi teman, tidak adanya kepercayaan yang diberikan, tidak diikutsertakan dalam kegiatan yang dibuat dan sebagainya. Oleh karena itu berusahalah untuk menjadi teman terbaik yang dapat dipercaya dan disenangi

(Cawan WP : Lisa Aprilia)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai