Monday, July 26, 2021
Jembatan Ampera, Simbol Utama Kota Palembang Sumatera Selatan

Jembatan Ampera, Simbol Utama Kota Palembang Sumatera Selatan



WAWASAN PROKLAMATOR,- Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki segudang tempat wisata didalamnya. Selain terkenal dengan “Pempek” sebagai makanan khas, Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera) merupakan ikon utama Sumatera Selatan. Banyak wisatawan yang berasal dari dalam maupun luar daerah selalu mengunjungi Jembatan Ampera jika berkunjung ke ibu kota Sumatera Selatan yaitu Palembang.

Jembatan Ampera pada mulanya bernama Jembatan Bung Karno, pemberian nama ini dilakukan sebagai penghormatan dan penghargaan kepada Bung Karno atas perjungannya mewujudkan keinginan warga Palembang untuk memiliki jembatan yang berada diatas sungai musi. Tetapi pada tahun 1966 terjadi pergolakan politik di Indonesia yang menjadikan gerakan anti-Soekarno sangat kuat, maka nama jembatan Bung Karno berubah menjadi Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat atau biasa dikenal dengan Jembatan Ampera.

Jembatan Ampera menghubungkan daerah seberang ulu dan seberang ilir yang dipisahkan oleh sungai musi. Jembatan ampera bukan hanya sekedar jembatan biasa tetapi dirancanag agar bisa naik-turun, untuk mempermudah lalu lintas perairan. Tetapi pada tahun 1970 tidak dibuka kembali dikarenakan mempertimbangkan keamanan dan juga kelancaran lalu lintas darat.

Jembatan Ampera memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter, yang menjadikannya sebagai jembatan ter-panjang se Asia Tenggara. Sebagai ikon utama kota Palembang, Jembatan Ampera pada saat ini dihiasi lampu-lampu ketika sudah memasuki waktu malam hari. Hal ini semakin menambah nilai estetika dan daya tarik dari jembatan Ampera.

Banyak wisatawan berpendapat bahwa berkunjung ke Palembang tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Jembatan Ampera. Disisi jembatan ampera terdapat kursi-kursi yang bisa digunakan untuk pejalan kaki duduk, menikmati pemandangan dari atas jembatan ampera. Jika berkunjung ke Jembatan Ampera tidak lah merasa rugi melainkan akan merasa takjub akan ikon Palembang,  Sumateran Selatan.

(Cawan WP : Febry Rahayu)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai