Tuesday, June 22, 2021
Hagus Hermanto, Mahasiswa TRKJ Universitas Bung Hatta Peroleh Apresiasi Atas Pengembangan Website

Hagus Hermanto, Mahasiswa TRKJ Universitas Bung Hatta Peroleh Apresiasi Atas Pengembangan Website



WAWASAN PROKLAMATOR,- Hagus Hermanto, Mahasiswa Teknologi Rekayasa Komputer dan Jaringan (TRKJ) mendapatkan apresiasi dari Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI), Prof. Dr. Eng. Reni Desmiarti, S.T., M.T dan Ketua Jurusan Teknik Kimia, Dr. Firdaus, S.T., M.T atas pembuatan dan pengembangan website teknik kimia. Sebagaimana diketahui, saat ini FTI gencar dan berupaya untuk memperoleh akreditasi internasional, salah satu penilaiannya dilihat dari website prodi.

Hagus Hermanto merupakan mahasiswa TRKJ angkatan 2020 berasal dari Kota Solok. Pembuatan dan pengembangan website yang dilakukannya merupakan suatu bukti bahwa FTI Universitas Bung Hatta memberikan wadah dan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengembangkan potensi di dalam diri masing-masing.

Hagus mengungkapkan dirinya telah belajar membuat website semenjak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), namun dia belum berani untuk melakukan hosting atau hak akses di internet sehingga kemampuan yang dimilikinya belum dapat ter-explore di media massa. Semenjak diberi kesempatan oleh FTI Universitas Bung Hatta dirinya bisa mengembangkan kemampuan tersebut.

“Saya sudah mempelajari pembuatan website sejak duduk di kelas dua SMK. Akan tetapi saya belum berani untuk memberi hosting atau hak akses di internet. Hal ini dikarenakan saya takut website yang saya buat di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” ungkap Hagus.

Hagus juga menuturkan mengenai alasan dirinya dipercaya dalam membuat dan mengembangkan website teknik kimia. Dimana, pengalaman dan keuletan dalam menjalankan aplikasi membuat dirinya dipercaya dalam mengemban amanah tersebut. Walaupun begitu, dirinya tetap mendapatkan arahan, dukungan dan saran dari dekan dan dosen FTI.

“Terpilihnya saya dalam pembuatan dan pengembangan website ini berawal dari pertanyaan yang disuguhkan oleh dosen TRKJ, Budi Sunaryo, S.T., M.T mengenai pengalaman dan keuletan dalam menggunakan CMS Joomla atau Wordpress dan kebetulan saya pernah mempelajarinya. Semenjak saat itu saya ditunjuk sebagai administrator teknik kimia. Waktu kerja yang dibutuhkan hingga website bisa digunakan lebih kurang selama satu bulan. Selama proses pembuatan tersebut saya didampingi oleh Bapak Budi dan diarahkan langsung oleh Dekan FTI, website ini diharapkan bisa dan mudah dipakai untuk mobile,” tuturnya.

Hagus mengaku senang dan bangga bisa menjadi bagian pembuatan dan pengembangan website teknik kimia. Meskipun ada beberapa rintangan yang dihadapinya namun tidak membuatnya patah semangat dan mundur.

“Tidak dapat dipungkiri dalam pembuatan website ini ada hal-hal yang belum terlalu saya kuasai seperti Joomla. Oleh karena itu, saat saya terkendala atau mendapatkan revisi dari dekan saya harus bolak-balik ke kampus Proklamator I untuk berdiskusi bersama Pak Budi dan itu memakan waktu yang cukup banyak. Selain itu saya juga terkendala sinyal saat berada di kampung halaman,” ujarnya.

Menjadi mahasiswa TRKJ Universitas Bung Hatta, Hagus berharap Universitas selalu memberikan peluang dan selalu mendukung kreativitas yang dimiliki oleh mahasiswanya. Selain itu terkhusus kepada TRKJ agar selalu semangat dalam berjuang terhadap apapun yang dilakukan.

“Saya berharap agar prodi TRKJ selalu semangat berjuang walaupun yang dilakukan bukan untuk diri pribadi. Sehingga kita terbiasa dalam hal sebesar apapun akan mudah dijalankan dan semoga Universitas tetap mendukung dan memberikan peluang kepada mahasiswanya agar bisa mengembangkan diri baik di dalam bidang akademik maupun non-akademik,” tutupnya.

(Cawan WP : Lisa Aprilia)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai