Tuesday, June 22, 2021

Pendidikan Moral Sama Pentingnya dengan Pendidikan Pengetahuan



WAWASAN PROKLAMATOR,-Pendidikan moral merupakan aspek terpenting yang harus ditempuh oleh setiap manusia. Pendidikan moral merupakan suatu usaha untuk membentuk akhlak atau moralitas generasi muda. Indonesia merupakan negara yang menjujung tinggi moral dalam setiap perbuatan, dan juga menjadikan pendidikan moral sebagai hal yang harus diajarkan sedari menginjak pendidikan sekolah dasar.

Pendidikan yang ada bukan hanya berfokus kepada pendidikan akademik saja, tetapi juga pendidikan moral. Pendidikan moral ini berperan penting didalam pembentukan generasi muda. Karena apa, tidak ada gunanya memiliki intellegensi yang tinggi tetapi tidak memiliki sikap dan moral yang baik didalam masyarakat.

Perlu disadari kembali bahwa pendidikan moral sama pentingnya dengan pendidikan pengetahuan. Meskipun banyak peserta didik yang masih mengeyam pendidikan, berargumen bahwa pendidikan pengetahuan lebih penting dari pada pendidikan moral. Hal ini karenakan lingkungan keluarga maupun sekolah lebih mengapresiasi pendidikan pengetahuan, sehingga stigma tersebut sering timbul pada peserta didik. Harus ditinjau lagi, ketika seseorang akan turun ke dalam masyarakat sopan santun, akhlak, dan tutur kata merupakan poin utama.

Kenyataan yang terjadi di Indonesia saat ini banyak generasi muda yang telah mengabaikan pendidikan moral. Banyak dari mereka menganggap pada saat diajarkan mengenai moral mereka lebih memilih untuk mendengarkan saja dan tidak menerapkan apa yang telah diajarkan. Hal ini berakibat maraknya terjadi hal-hal negatif diantara generasi muda, dimulai dari tidak menghormati orang yang lebih tua, mengabaikan nasihat, berbicara yang tidak senonoh, bahkan melakukan kegiatan yang sepatutnya tidak mereka lakukan. Bukankah hal ini sering terjadi disekitar kita?

Sebagai generasi muda bukankah kita merasa malu jika moralitas bangsa mengalami kemunduran yang signifikan? Jika moral yang dimiliki generasi muda hancur maka yang terjadi adalah negara akan ikut hancur mengingat moral penentu utama terciptanya generasi muda yang bertanggung jawab. Hal ini merupakan tugas dan juga tanggung jawab bagi semua masyarakat Indonesia.

Penanaman pendidikan karakter ini dilakukan pada saat seseorang berada pada masa kanak-kanak, dikarenakan pada masa tersebut anak-anak sangat suka meniru apapun yang ia perhatikan. Maka ketika penanaman karakter ini dilakukan akan sangat berpengaruh pada mental dan juga penjiawaannya saat dewasa. Keluarga, sekolah, lingkungan masyarakat, teman sebaya adalah tempat terbaik untuk penanaman karakter ini.

Pendidikan moral haruslah menjadi perhatian lebih bagi setiap masyarakat. Ketika setiap masyarakat peduli akan pendidikan moral ini maka generasi muda yang akan lahirpun adalah generasi-generasi muda yang memiliki moralitas yang tinggi. Ketika setiap warga negara Indonesia saling peduli maka akan tercipta bangsa yang kuat seperti tujuan dari negara Indonesia.

(Cawan WP : Febry Rahayu)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai