Tuesday, June 22, 2021
Mahasiswa Universitas Bung Hatta Masuk 10 Besar Finalis Duta Bahasa Sumatera Barat 2021

Mahasiswa Universitas Bung Hatta Masuk 10 Besar Finalis Duta Bahasa Sumatera Barat 2021



WAWASAN PROKLAMATOR,- Dedi Irawan mahasiswa Universitas Bung Hatta program studi Sastra Inggris (SING) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) angkatan 2018, terpilih menjadi 10 besar finalis Duta Bahasa Sumatera Barat (Sumbar) 2021. Malam penganugerahan ini berlangsung di Hotel Grand Zuri, Padang pada 28 Mei 2021.

Duta bahasa merupakan kegiatan yang bekerja sama dengan balai bahasa, dimana program besar duta bahasa ini adalah mensukseskan Trigatra Bangun Bahasa. Utamakan  Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing.

Dedi menjelaskan administrasi dimulai sejak pertengahan Maret hingga awal April 2021. Selanjutnya ialah proses seleksi hingga tes wawancara, yang kemudian  didapatlah 20 pasang Calon Duta Bahasa. Setelah itu peserta melakukan pembuatan video profil dan disaring menjadi 15 pasangan calon. Pada tahapan akhir, peserta mempresentasikan Program Krida dan didapatkan 10 pasang peserta sebagai finalis.

Dedi mengaku senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan ini. Bertemu teman baru untuk menambah relasi dan pengalaman. Bisa berdiri sejajar dengan peserta lain dan dengan latar belakang pendidikan beragam merupakan hal yang luar biasa baginya.

“Para peserta hebat dan luar biasa. Bisa berkompetisi dengan teman-teman lain merupakan tantangan dan pengalaman besar bagi saya, meskipun saya belum bisa menjadi pemuncak pada kegiatan ini saya tetap merasa bangga bisa bertemu dengan peserta lain. Panitia acara pun tak luput luar biasanya untuk mensukseskan kegiatan ini,” ujar Dedi.

Menjadi Finalis Duta Bahasa Sumbar 2021, Dedi juga berharap masyarakat bisa mereliasasikan Trigatra Bangun dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari diri sendiri dan selalu mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing tanpa meninggalkan bahasa kita sendiri.

“Semoga lebih banyak lagi masyarakat yang menyadari dan bisa mewujudkan program Trigatra Bangun Bahasa dalam bersosialisasi. Selain itu saya juga berharap masyarakat bisa meningkatkan literasi guna menjadi bangsa yang jauh lebih hebat dimasa mendatang,” tutup Dedi.

(Cawan WP: Fidiah Elfi)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai