Tuesday, June 22, 2021

Kesehatan Mental Itu Penting



WAWASAN PROKLAMATOR-, Kesehatan mental adalah hal istimewa yang wajib diketahui oleh setiap orang. Kesehatan mental merupakan kondisi psikologis seseorang yang tidak mengalami gangguan atau kecacatan mental. Di Indonesia sendiri kesehatan mental sudah banyak dibicarakan bahkan diedukasikan kepada masyarakat.

Kenyataan yang terjadi di Indonesia adalah masyarakat masih belum memahami akan kesehatan mental itu sendiri. Beberapa masyarakat menganggap bahwa seseorang yang memiliki masalah kesehatan adalah orang-orang yang gila atau kurangnya ibadah. Bahkan ketika seseorang sudah memperlihatkan masalah kesehatan yang sangat serius beberapa masyarakat menganggap bahwa ia kerasukan arwah atau setan. Hal inilah yang menjadi stigma bagi masyarakat Indonesia.

Kesehatan mental bukanlah masalah kecil bagi setiap Individu. Banyak orang yang tahu bahwa psikisnya sedang tidak baik-baik saja dan ingin melakukan pengobatan ke psikolog, tetapi mengurungkan niat dikarenakan takut akan stigma yang timbul dari keluarga dan masyarakat. Ketika kita menyadari hal ini bukan kah sangat miris jika hal ini terjadi di orang-orang terdekat kita tanpa kita ketahui?

Penanganan bagi penderita gangguan kesehatan mental banyak dilakukan dengan cara yang salah oleh masyarakat. Seperti dengan adanya pemasungan, pengurungan, bahkan mengasingkan si penderita dari lingkungan di sekitarnya. Hal ini tentu sangatlah miris, padahal jika ditangani secara benar maka seseorang yang memiliki gangguan kesehatan mental tersebut dapat sembuh dan bisa melanjutkan kehidupannya secara normal.

Menurut WHO (World Helth Organization) kesehatan mental adalah kondisi dimana seseorang dapat menyadari potensi yang ada dalam dirinya, mampu menghadapi rasa stress yang dialami di keseharian, bisa melakukan produktifitas dengan baik, serta dapat memberikan konstribusi di masyarakat. Mengingat pentingnya kesehatan mental, setiap individu haruslah membuka pemikirannya serta pandangan tentang kesehatan mental ini.

Pada tanggal 10 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Mental Dunia hal ini bertujuan agar semakin meningkatkan kesadaran dari masyarakat tentang kesehatan mental. Semakin banyak masyarakat yang peduli akan kesehatan mental  maka akan semakin banyak pula orang-orang yang memiliki hidup yang sejahtera secara psikis, emosional, dan sosial.

Dampak dari gangguan kesehatan mental ini salah satunya bisa merenggut nyawa seseorang. Menurut data yang dirilis oleh WHO pada tahun 2016 menunjukkan, setiap 40 detik seseorang kehilangan nyawanya karena bunuh diri. Hal ini menandai bahwa orang yang memiliki gangguan kesehatan mental kurang didukung baik dari keluarga bahkan masyarakat sehingga memilih untuk mengakhiri hidupnya. Bukankah hal ini sangatlah mengenaskan apabila terjadi diantara kita?

Banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengurangi dampak negatif yang terjadi dari kesehatan mental. Dimulai dari mengurangi stigma negatif kepada seseorang yang memiliki gangguan kesehatan mental dan beranggapan bahwa ia berhak mendapatkan perhatian lebih dan pengobatan yang layak, selayaknya seseorang yang memiliki penyakit fisik.

Dengan memberikan pemahaman akan kesehatan mental kepada keluarga dan orang-orang terdekat merupakan langkah awal bagi kita untuk lebih aware terhadap pentingnya kesehatan mental. Jika bukan kita siapa lagi, dan jika bukan sekarang kapan lagi.

(Cawan WP : Febry Rahayu)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai