Tuesday, June 22, 2021

Pendidikan Indonesia yang Tak Maju



Pendidikan adalah hak dari setiap manusia. Untuk menjadi pintar dengan wawasan yang luas hak setiap individu. Hal ini sudah eksplisit dikatakan dalam pembukaan UUD 1945 bahwa tujuan terbentuknya negara Indonesia salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan yang mulia ini hendaknya diwujudkan secara konkret. Dengan begitu label Indonesia sebagai negara maju memang benar-benar tercipta.

Sekolah yang  menjadi ladang pendidikan nyatanya belum cukup kuat mencetak generasi bangsa yang berdaya saing. Infrastruktur yang tidak memadai, pemerataan pembangunan, kurikulum yang terus diganti-ganti, rendahnya mutu tenaga pengajar, gaji para guru yang dianggap begitu murah menjadikan sosok seorang guru begitu tidak berguna

Seharusnya Indonesia belajar dari Jepang dimana saat bom Nagasaki dan Hirosima menghantam negara mereka, bangunan yang pertama kali dibangun adalah sekolah dan yang dicari adalah guru untuk mengajar murid-murid. Dari hal ini kita belajar betapa pentingnya pendidikan, tanpa guru mungkin seseorang tidak akan bisa membaca dan berhitung .

Banyaknya pelajar dari Indonesia yang melanjutkan studinya di luar negeri membuat kita benar-benar yakin bahwa perguruan tinggi didalam negeri masih kalah saing. Ditambah lagi dengan banyaknya beasiswa yang diberikan pemerintah, siapa yang memiliki uang banyak akan menang dan anak-anak yang tidak memiliki uang akan terhenti sekolahnya. Dari kejadian ini kita harus memikirkan bahwa setiap orang berhak untuk menerima pendidikan baik itu yang miskin maupun yang kaya. Tidak ada yang dispesialkan kedua-duanya sama rata dihadapan pemerintah

Bagaimana Indonesia dapat menjadi negara yang maju jika sumber daya manusianya lemah, jika masyarakatnya tidak memiliki pengetahuan. Negara kita akan semakin jauh untuk mengejar ketertinggalan kemajuan zaman, sehingga kekayaan alam Indonesia akan tergerus habis dihisap oleh negara-negara asing. Negara kita akan mudah terpedaya karena tidak pernah diajari berpikir kritis hingga pada akhinya menjadikan kita terpuruk.

Fokus utama seharusnya diarahkan pada pembangunan pendidikan sehingga negara kita bisa menjadi negara yang  menguasai ekonomi, pertahanan, teknologi. Seharusnya Indonesia membuat sebuah tindakan tegas dengan fokus pembangunan pada aspek pendidikan yang berkarakter dan maju. Merencanakan kurikulum dengan melahirkan generasi yang mempunyai akhlak baik, cinta akan negara dan budayanya, dan mempunyai kepribadian yang baik serta mandiri.

Pendidikan di Indonesia harus dibenahi agar generasi kita mudah dalam mencapai cita-cita. Tercapainya pendidikan yang baik akan mendapatkan penghargaan dari negara lain untuk menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Sehingga Indonesia dapat menjadi negara dengan pendidikan maju di masa yang akan datang .

(Cawan WP : Nur Amina Harahap)

Wawasanproklamator.com Jauh lebih dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai