Tuesday, June 22, 2021

Korupsi Dan Hati Nurani Masyarakat



WAWASAN PROKLAMATOR,- Peringatan Hari Anti Korupsi se-dunia jatuh pada 9 Desember 2021. Saat ini, banyaknya pejabat tidak tahu malu dengan dirinya yang mengambil uang rakyat. Apalagi keadaan darurat dimasa pandemi ini, masih ada pejabat yang tidak punya akal pikiran untuk memakan uang rakyat. Korupsi dalam bahasa latin disebut dengan corruptio, berarti pembusukan. Dimana korupsi tidak hanya merugikan keuangan negara namun juga merusak bangsa, menghancurkan etika dan membusukkan nurani manusia.

Apakah ini yang membuat negara kita maju? apakah ini yang akan membuat generasi bangsa kita semakin di depan? tidak, para pejabat yang tidak punya hati nurani ini akan membuat negara kita bangkrut dan pembangunan kedepannya menjadi terkendala. Rakyat hanya ingin hidup yang aman, tentram dan bahagia tanpa harus diusik perekonomiannya. Tapi dengan adanya situasi seperti ini keadaan semakin tidak terkendali, kehidupan semakin runyam, para generasi semakin malas, pendidikan semakin tidak efektif. Semakin banyak pejabat yang korupsi, semakin banyak juga yang ingin mengetahui apa itu korupsi.

Korupsi bukan hanya mencuri uang rakyat, bahkan ketika kita terlambat ke kampus itu dikatakan korupsi juga. Kebiasaan ini yang suatu hari akan membuat seseorang nyaman dan akan melakukannya berulang kali. Banyak rakyat yang tertindas dengan pejabat yang korupsi. Perekonomian masyarakat semakin tidak stabil menjadikan banyaknya orang miskin di negara kita ini. Sampai kapan keadaan seperti ini? jika seandainya pemerintah memberikan tindakan yang begitu tegas tidak akan ada yang berani untuk melakukan korupsi .

Mari kita biasakan untuk mencegah korupsi dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Perbaiki dari diri sendiri terlebih dahulu, biasakan berlaku jujur dan baik dalam keadaan apapun. Biasakan tidak terlambat ke kampus, biasakan untuk tidak mencontek, tidak mencuri hak orang lain, tidak berpikir negatif dan lainnya. Ayo basmi korupsi jika bukan generasi muda siapa lagi? semoga kita bermakna bagi Nusa, Bangsa dan Agama.

(Cawan WP : Nur Amina Harahap)

Wawasanproklamator.com Jauh lebih dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai