Tuesday, June 22, 2021
Wisata Pantai Air Manis dan Legenda Batu Malin Kundang

Wisata Pantai Air Manis dan Legenda Batu Malin Kundang



WAWASAN PROKLAMATOR,- Kota Padang ialah ibu kota Sumatera Barat yang memiliki banyak destinasi wisata. Mulai dari wisata darat hingga laut. Salah satunya yaitu Pantai Air Manis.

Hingga saat ini, pantai Air Manis masih menjadi tujuan wisata di kota Padang, terletak kurang lebih 15 km ke arah Selatan dari pusat kota Padang. Lebih tepatnya, berada di kecamatan Padang Selatan.

Selain jaraknya yang lumayan jauh dari pusat kota, jalan yang dilalui cukup sulit dan sedikit curam. Namun, saat sekarang wisatawan sudah bisa melalui rute kedua yaitu melewati Jembatan Siti Nurbaya. Disini, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan perbukitan yang indah, serta jarak tempuh yang dilalui juga menjadi lebih pendek jika menggunakan rute ini.

Setiap tahunnya, Pantai Air Manis selalu kebanjiran wisatawan. Tak hanya dari luar kota saja, dari luar pulau pun ramai wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Air Manis. Terlebih lagi pada saat hari libur panjang. Para wisatawan hanya cukup membayar sebesar Rp 15.000 untuk dapat masuk ke Pantai Air Manis.

Ombak di pantai ini, pada waktu tertentu cukup tinggi. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk berselancar. Disamping itu, juga terdapat beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi hanya dengan berjalan kaki dikala air sedang surut. Pemandangan pantai yang dipadukan dengan terbenamnya matahari, benar-benar pemandangan yang sangat disayangkan jika dilewatkan.

Pantai Air Manis juga memiliki fasilitas umum yang cukup memadai. Adanya tempat beribadah, toilet, dan area parkir untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Area pantai ini sangat luas, sehingga wisatawan yang datang menggunakan bus pariwisata pun juga bisa memarkirkan bus disana.

Selain itu, juga terdapat beberapa kantin yang terbuka untuk umum. Serta gerai baju dan cendera mata disekitar pantai. Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan pantai sambil menaiki All Terrain Vehicle (ATV) dengan budget Rp 100.000 per jam.

Pantai Air Manis juga terkenal dengan legenda Malin Kundang. Seorang anak durhaka, yang setelah kaya raya tidak lagi mengakui ibunya, lalu berubah menjadi batu akibat kutukan ibu kandungnya yang terlanjur sakit hati atas perlakuan anaknya. Gundukan batu Malin Kundang terdapat dibagian Selatan pantai.

Sebagian orang menganggap cerita ini benar-benar terjadi. Sebagian lainnya hanya menganggap cerita ini sekedar dongeng belaka. Namun, yang pasti cerita ini telah tersebar luas di Nusantara dan batu Malin Kundang menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto.

 

(Cawan WP: Jelita Maharani)

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

Share on:

Komentar:

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang mungkin disukai