Beri Pembekalan Mahasiswa KKN-PPM (T) dengan Paduan dan Ilmu

Tata WP
354
Sumber Foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta mengadakan pembekalan umum mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Tematik (KKN-PPM) (T). Acara ini dilaksanakan di Balairung Caraka, Kampus Proklamator I, Universitas Bung Hatta, Minggu (02/05/2024).

Kegiatan ini salah satu rangkaian yang dilaksanakan dalam Pra-KKN. Agenda turut dihadiri oleh para Panitia KKN, Koordinator Kabupaten (Korkab), Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) , dan mahasiswa yang menjalankan.

Yeasy Darmayanti, Pembina KKN-PPM (T) menjelaskan, jika Mata Kuliah (Matkul) pengabdian kepada masyarakat tercipta karena pentingnya peran mahasiswa bagi bangsa kedepannya. Ia juga menambahkan, bahwa pelajar akan menerapkan ilmu yang didapat di kampus kepada masyarakat.

“Matkul KKN lahir dari dasar pemikiran bahwa pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus bisa memecahkan masalah ditengah masyarakat. Mahasiswa dipersiapkan untuk mampu menerapkan disiplin ilmu sesuai background keilmuannya,” ujarnya.

Daniati Putri, S.E., M.Si, salah satu dosen yang menyampaikan materi menjelaskan, ketika nanti KKN telah berlangsung pentingnya memeriksa kondisi lokasi terlebih dahulu agar menjadi langkah utama supaya kecelakaan kerja tidak terjadi. Ia juga menambahkan, asuransi bisa diklaim bagi mahasiswa KKN jika ada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

“Ketika berkegiatan nanti harus memperhatikan apa Program Kerja (Proker) yang akan dilaksanakan, bagaimana kondisi lingkungan dan potensi daerahnya agar menjadi salah satu upaya terbebas dari kecelakaan. Ketika terjadi kesalahan ataupun sakit, bisa memanfaatkan asuransi dan jaminan kesehatan yang telah disediakan oleh pihak kampus,” jelasnya.

Arisal Yanuardi, S.Kom., M.Kom, juga merupakan pemateri mengutarakan, jika proker mahasiswa KKN akan dilakukan penginputan kedalam portal. Ia juga menjelaskan, apa saja hal yang harus dilakukan selama berkegiatan tersebut.

“Program pokok maupun non-tema bisa dimasukin lewat sistem portal setelah melakukan pembekalan sesuai dengan arahan dari DPL. Selama berkegiatan KKN, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu presensi dua kali dengan jeda enam jam, dan logbook juga perlu di input kedalam sistem jika telah melaksanakan suatu aktivitas,” tuturnya.

Embun Sari Ayu, tim promosi kampus mengatakan, sekian banyak duta kampus di beberapa fakultas, mahasiswa KKN merupakan duta yang utama. Berharap, yang tengah menjalaninya nanti dapat dengan baik mempromosikan kampus.

“Peserta KKN sekarang merupakan duta utama dari beberapa perwakilan yang ada di Universitas Bung Hatta karena mengabdi kepada masyarakat di empat kota. Diharapkan, mahasiswa dapat mempromosikan kampus dengan caranya tersendiri dikarenakan kalian merupakan salah satu icon dari Universitas Bung Hatta,” jelasnya.

Risky Amauli, juga salah satu tim promosi menambahkan, mahasiswa KKN dapat mempromosikan kampus agar dapat dikenal oleh masyarakat. Mereka juga dapat membuat konten dengan inovatif dengan melihat sesuai keadaan sehingga kampus dapat dikenal dan dipercaya oleh publik.

“Peserta ditugaskan mempromosikan Universitas Bung Hatta melalui Media Sosial (Medsos) agar masyarakat di tempat mahasiswa KKN tertarik mengirimkan anaknya ke kampus kita. Konten promosi yang bisa dibuat oleh rekan-rekan dengan cara melihat situasi dari warga itu sendiri dan menghasilkan secara kreatif agar dapat membuat citra positif pada kampus,” ujarnya.

 

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Perseteruan Rapat Pemilihan Umum Raya Mahasiswa FTSP dan FTI Berujung Ricuh
UKM-Kesprok Universitas Bung Hatta Lantik Sepuluh Anggota Muda XVIII

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Perseteruan Rapat Pemilihan Umum Raya Mahasiswa FTSP dan FTI Berujung Ricuh
UKM-Kesprok Universitas Bung Hatta Lantik Sepuluh Anggota Muda XVIII
Menu