Bung Hatta Accounting Fair Asah Skill Mahasiswa Lewat Stata dan Smart PLS

Ibal WP
312
Sumber Foto: Panitia Pelaksana HMJ Akuntansi

WAWASANPROKLAMATOR,- Himpunan Masyarakat Jurusan (HMJ) Akuntansi mengadakan acara Bung Hatta Accounting Fair (BAF) Kegiatan ini adalah program tahunan, biasanya selalu diadakan di Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Rabu (29/05/2024).

Rangkaian kegiatan dari BAF yaitu, Develop Data dan Processing Skill with Stata and Smart Partial Least Square (PLS) yang di ikuti oleh 24 peserta. Pelatihan ini di mentori oleh Purbo Jadmiko, S.E., M.Sc yang merupakan mentor stata dan dosen jurusan manajemen yang akan memberikan materi tentang penggunaan aplikasi tersebut.

Purbo dalam wawancaranya, mengatakan, stata adalah alat yang penting bagi kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), software ini berguna untuk mengambil suatu keputusan dalam bekerja dengan berdasarkan data. Output yang dikeluarkan bermacam ragam seperti marketing, pemasaran, financial, semua keputusan mestinya didasari oleh interpretasi data, tanpa itu semua kesimpulan sekiranya tidak bisa dipertanggung jawabkan.

“Perkembangan tools statistik lumayan pesat namun di Indonesia masih sedikit telat untuk mulai mendalaminya mengingat stata juga sudah cukup lama digunakan diluar sana. Harapannya, mahasiswa khususnya dari FEB mahir tools proses pembelajaran kita dan ilmu diberikan bisa diterapkan pada hal yang berguna seperti pekerjaan sampingan,” ujarnya.

Arella Kirana Adisyah selaku Ketua Pelaksana (KP), memaparkan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan soft skill mahasiswa, membantu pengolahan data bagi mahasiswa akhir, serta memberikan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) yang bermanfaat. Ia juga menambahkan, persiapan acara telah berlangsung selama lima bulan tanpa kendala dan panitia yang sudah berlatih dengan mentor stata dan smart PLS dapat membantu peserta apabila mengalami kesulitan selama pelatihan.

“Diharapkan melalui pelatihan ini dapat memberikan bermanfaat kepada mahasiswa akhir dengan menambah poin bagi mahasiswa. Semoga kegiatan BAF ini berlangsung setiap tahun dengan lebih banyak acara, lalu mengajarkan kerjasama dan cara menyampaikan pendapat, serta sukses hingga akhir,” paparnya.

Asad Jundurrahman, mahasiswa Manajemen angkatan 21, menjelaskan, tujuan untuk mengikuti pelatihan hari ini yaitu mendalami lebih lanjut tentang pengolahan data primer dan sekunder sehingga mencapai pada suatu yang valid menggunakan aplikasi stata. Ia juga menyampaikan, pemateri cukup enak berdiskusi, interaktif dan penjelasan dipaparkan secara spesifik sehingga peserta dapat menerima materi dengan mudah.

“Kendala pada pelatihan ini lebih kepada individual , terdapat beberapa peserta kesulitan menginput data sehingga mengeluarkan output yang tidak valid. Harapannya, pelatihan ini bisa memberikan waktu lebih dibanding sebelumnya sehingga dapat menambah materi yang banyak kepada peserta,” jelasnya.

Sambungnya, Diana Hesti, mahasiswi Akuntansi angkatan 20, menuturkan, materi yang diberi berguna untuk bahan penelitian sebagai tugas akhir. Kemudian, dapat membawa berbagai koneksi peserta dari semua universitas berada di kota Padang.

“Kendala beberapa mahasiswa yang kesulitan dalam menginstall lewat laptop pribadi namun bisa ditangani dengan baik oleh panitia dengan sigap. Pesan untuk kedepannya, bisa mendatangkan peserta dari berbagai universitas sehingga tidak hanya ilmu namun juga mendapat relasi penjuru kampus di kota Padang,” tutupnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

UKM Kesenian Proklamator Suguhi Pengetahuan Dasar Caang ke-XVIII Lewat PDKP
Dies Natalis ke-43 Universitas Bung Hatta Akselerasi Pendidikan Unggul

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

UKM Kesenian Proklamator Suguhi Pengetahuan Dasar Caang ke-XVIII Lewat PDKP
Dies Natalis ke-43 Universitas Bung Hatta Akselerasi Pendidikan Unggul
Menu