Dies Natalis ke-43 Universitas Bung Hatta Akselerasi Pendidikan Unggul

Amri WP
458
Sumber Foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta menggelar acara puncak Dies Natalis yang ke-43. Kegiatan ini dilaksanakan di Bung Hatta Convention Hall (BHCH) Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, pada Senin 27 Mei 2024.

Acara ini mengusung tema Celebrating Togetherness in Transfomation Towards Accelerating Excellence. Kegiatan turut di hadiri oleh Gubernur provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang mewakili, kepala LLDIKTI (Lembaga Pelayanan Pendidikan Tinggi) wilayah X, ketua Badan Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) beserta jajarannya, Ketua Pelaksana (KP) Suamperi S.H., M.H, Prof. Dr. Meutia Farida Swasono, dosen dan segenap civitas academica Universitas Bung Hatta.

Rektor Universitas Bung Hatta, Prof.Dr. Diana Kartika, mengucapkan, aspek peningkatan kualitas pengajaran dan peningkatan tata kelola. Ia juga berharap, sebuah pencapaian kualitas peningkatan bidang akademik dan diluar pendidikan formal, penelitian pengabdian masyarakat, kerja sama dengan tata kelola, sumber daya dan sarana prasarana dalam sistem informasi.

”Pentingnya meningkatkan kualitas belajar mengajar untuk memperkuat institusi pendidikan adalah langkah krusial memastikan bahwa seluruh aspek pendidikan dapat berkembang. Menyediakan fasilitas yang lebih unggul bagi mahasiswa, adanya bekal keterampilan dan wawasan yang luas untuk bersaing di dunia kerja,” ucapnya.

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Dr. Amelia Sriwahyuni Lubis, S.PL., M.Si, dalam orasi ilmiahnya menuturkan, Sumbar terkenal dengan kekayaan alam dengan potensi sumber daya laut yang ternilai komersial dan perairan sekitar laut Indonesia sangat menjanjikan keunggulan habitat jenis ikan. Ia juga menambahkan, kegiatan marikultur dapat dikembangkan di wilayah Sumbar.

”Perairan Indonesia sangat menjanjikan untuk pengembangan habitat berbagai jenis ikan yang dapat meningkatkan produksi perikanan dan mendukung kesejahteraan masyarakat lokal. Kegiatan marikultur dapat dikembangkan dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut di Sumbar dan sekitarnya,” tuturnya.

Dr. Boy Yendra Tamin, S.H., M.H, Ketua Badan Pengurus YPBH, memaparkan, perilaku anak muda di Sumbar dikenal rajin, tekun dan penuh semangat dalam menuntut ilmu menjadi faktor penting yang mendukung keberhasilan perguruan tinggi. Ia juga menyampaikan, tidak hanya fokus pada prestasi akademik tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk mendukung pengembangan soft skills.

”Keberhasilan perguruan tinggi ini menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan generasi muda Sumbar dapat terus berprestasi dan membawa perubahan positif bagi bangsa,” paparnya.

Meutia, menyampaikan, sifat karakter dan pemikiran Bung Hatta yang mengutamakan kepentingan rakyat mengingat nilai moral generasi muda Indonesia untuk membangun bangsa melalui keahlian di bidangnya sendiri. Ia juga mengutarakan, nilai moral Bung Hatta dapat menjadi pedoman dalam dunia kerja hendaknya.

”Dalam dunia kerja, nilai-nilai moral Bung Hatta bisa menjadi pedoman yang sangat berharga. Memprioritaskan kepentingan rakyat berpegang teguh pada integritas bisa menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif,” tambahnya

Prof. H. Ganefri, Ph.D, Ketua Badan Pembina YPBH, menjelaskan, dalam 43 tahun perjalanan Universitas Bung Hatta tidak hanya dikenal di pelosok negeri, tetapi juga telah meraih pengakuan di tingkat internasional. Kemudian, hal tersebut tidak terlepas dari upaya keras civitas akademica dan para alumninya yang terus berprestasi di berbagai bidang.

”Semangat kebangsaan dan dedikasi Bung Hatta diharapkan menjadi inspirasi bagi seluruh civitas akademica dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Terus berinovasi dan meningkatkan mutu pendidikan, sehingga dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang siap bersaing di era globalisasi,” tutupnya.

 

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Bung Hatta Accounting Fair Asah Skill Mahasiswa Lewat Stata dan Smart PLS
Gemerlap Hanabi Jadi Ending yang Meriah di Festival Bunkasai XXI

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Bung Hatta Accounting Fair Asah Skill Mahasiswa Lewat Stata dan Smart PLS
Gemerlap Hanabi Jadi Ending yang Meriah di Festival Bunkasai XXI
Menu