Festival Bunkasai XXI Resmi Dibuka dengan Pukulan Gong

Sabrina WP
556
Sumber Foto: Kru WP

WAWASAN PROKLAMATOR,- Pembukaan Festival Bunkasai XXI Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Jepang (Saje) hari pertama dipenuhi antusias tampak dari padatnya pengunjung. Kegiatan dibuka di Aula Gedung 4 Kampus Proklamator II, Universitas Bung Hatta, Sabtu (25/05/2024).

Peresmian pembukaan Festival Bunkasai XXI ditandai dengan pemukulan gong oleh Prof. Dr Diana Kartika, Drs. Erwin M.MA, Dr. Hidayat, S.T., M.T., IPM, Diana Chitra Hasan, M.Hum, M.Ed., Oslan Amril, S.S., M.Si, dan perwakilan mahasiswa Universitas Malaya. Acara berlangsung selama dua hari dari 25 hingga 26 Mei 2024 bertemakan Yami No Isekai berarti dunia kegelapan lainnya.

Dafitly Tegar Pradana, Ketua Pelaksana (KP), memberi sambutan kepada para peserta dan penghujung. Kemudian, mengucapkan terima kasih bagi pihak yang terlibat mengangkat acara kebudayaan Jepang tersebut.

“Selamat datang kepada hadirin yang telah meluangkan waktu pada pembukaan bunkasai ini. Terima kasih pihak kampus, sponsorship dan media partner,” katanya.

Diana Kartika, rektor Universitas Bung Hatta, mengatakan, filosofi acara tahunan yang diadakan Prodi-Saje tersebut. Lalu, berjalannya festival kebudayaan Jepang ini tidak akan menghilangkan unsur kebiasaan Indonesia terkhusus Minangkabau.

“Kegiatan bunkasai bukan pertama kalinya, karena sudah terselenggara sejak 2001. Festival Bunkasai merupakan wadah menyalurkan antusias ketertarikan khalayak terhadap kebudayaan Jepang tanpa meninggalkan batasan nuansa Indonesia apalagi Minangkabau,” terangnya.

Kepala Bagian (Kabag) administrasi pembangunan kota Padang, Erwin, mengutarakan, sisi positif yang patut ditiru oleh orang Indonesia terhadap kebudayaan Jepang. Ia juga berharap, penambahan bahasa Jerman di Universitas Bung Hatta.

“Perlu diterapkan kebiasaan orang Jepang seperti, disiplin, bersih, etos dan kinerja mereka. Harapan saya, ada penambahan jurusan di Universitas Bung Hatta yaitu Sastra Jerman,” tuturnya.

Yesica Ananda Nofrial, siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Adabiah 2, menyebut, ini pertama kali melihat bunkasai dan terkesan. Ia merupakan kontestan perlombaan drawing bunkasai XXI.

“Baru pertama kali dan melihat susunan acara pembukaan yang membuat terkesan. Menyambut dengan antusias karena disini saya mengikuti lomba drawing yang diadakan oleh pihak bunkasai,” jelasnya.

Selaras dengan Yesica, Revan Tomaza, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan Negeri, mengatakan, excited dengan acara pembukaan.
Ia juga pengunjung sekaligus kontestan lomba kana.

“Sangat menanti pembukaan ini, apalagi melihat tarian dan drama yang ditampilkan. Kedatangan saya disini sebagai pengunjung dan peserta lomba kana,” tutupnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Dj Anikura Menarik Sorotan Pengunjung di Event Bunkasai XXI
Seruan Aksi Koalisi Masyarakat Pers Sumbar: Upaya Mengembalikan Jati Diri Pers

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Dj Anikura Menarik Sorotan Pengunjung di Event Bunkasai XXI
Seruan Aksi Koalisi Masyarakat Pers Sumbar: Upaya Mengembalikan Jati Diri Pers
Menu