Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa HMJ-EP: Mengasah Etika dan Sikap Kepemimpinan

Riyan WP
443
Sumber Foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan (HMJ-EP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bung Hatta mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM). Acara ini dilaksanakan di Aula Lantai 4 Gedung B6, Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, (17/05/2024).

Pelatihan ini mengusung tema Membentuk Sikap dan Etika Kepemimpinan Mahasiswa yang Responsif dan Kompeten. Agenda ini dibuka langsung oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Ekonomi Pembangunan, Nurul Huda, S.E., M.Si, dan dihadiri perwakilan lembaga selingkup FEB.

Ketua Pelaksana (KP), Azhari M. Fauzi, mengucapkan, terima kasih kepada semua pihak yang membantu demi terselenggaranya kegiatan LDKM. Persiapan kegiatan dilakukan selama 44 hari dengan beberapa materi. Ia berharap, para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan serius dari awal hingga akhir acara.

“Terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mensupport kegiatan ini sehingga dapat terlaksanakan. Persiapan panitia dilakukan selama 44 hari dengan mengangkat empat materi, yaitu sejarah pergerakan mahasiswa, leadership, public speaking dan dinamika sidang. Harapannya kepada peserta LDKM agar dapat mengikuti semua rangkaian pemateri hingga selesai sehingga mendapatkan tujuan dari kegiatan ini,” ucapnya.

Ketua HMJ-EP, Rahul Guskar Hadiwijaya, menuturkan, LDKM merupakan wadah untuk belajar melatih kemampuan kepemimpinan kepada mahasisa/i dalam berorganisasi. Harapannya, peserta agar antusias pada semua rangkaian kegiatan serta materi yang disampaikan bisa bermanfaat dan diterapkan di lingkungan kampus ataupun di kehidupan sehari-hari.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk belajar dan mengasah kemampuan kepemimpinan yang sangat dibutuhkan di aspek kehidupan baik di lingkungan mahasiswa, masyarakat maupun di masa akan datang ketika berkiprah di dunia profesional. Semoga peserta LDKM dapat mengikuti dengan semangat serta berpartisipasi aktif disemua rangkaian kegiatan,” tuturnya.

Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM-FEB), Taufik Hidayat, mengucapkan, terima kasih kepada penyelenggara kegiatan. Ia berharap, agar peserta dapat fokus dalam mengikuti kegiatan LDKM serta dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

“Terima kasih kepada panitia yang telah membentuk LDKM ini. Harapannya, dengan adanya LDKM menambah wawasan serta diimplementasikan dalam berorganisasi,” ucapnya.

Dalam paparannya, Nurul menjelaskan, pemimpin sejati berasal dari hati dan ikhlas serta tidak bisa mengandalkan ilmu per individu. Ia berharap, munculnya pemimpin baru yang mampu memimpin dimasa depan.

“Berorganisasi adalah tempat membangun kebersamaan. Dengan adanya kegiatan ini munculnya pemimpin-pemimpin baru,”

Ia menambahkan, untuk memulai sesuatu dengan niat memimpin dalam kebaikan. Lebih lanjut ia juga mengatakan, satu kata untuk pemimpin yaitu jujur amanah dan adil.

“Diawali dengan niat menjadi seorang pemimpin yang baik. Jujur, amanah dan adil sangat diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin,” jelasnya.

 

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Seminar Nasional Universitas Bung Hatta: Membangun Profil Pelajar Pancasila melalui Kurikulum Merdeka
Puspa Mahasiswi Ilmu Hukum Terpilih sebagai Finalis Duta Wisata Cik Uniang Kota Pariaman

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Seminar Nasional Universitas Bung Hatta: Membangun Profil Pelajar Pancasila melalui Kurikulum Merdeka
Puspa Mahasiswi Ilmu Hukum Terpilih sebagai Finalis Duta Wisata Cik Uniang Kota Pariaman
Menu