Kuliah Umum dan Tanda Tangan MoU: Bersiap Menjadi Generasi Emas dalam Society 5.0

Cawan WP: Sabrina Hunafa
457
Sumber Foto: Kru WP

WAWASANPROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta mengadakan Kuliah Umum mengusung tema Bersiap Menjadi Generasi Emas dalam Society 5.0 untuk Indonesia Maju. Selain itu, melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) guna peningkatan kemitraan akademik dalam bentuk kolaborasi antara Universitas Bung Hatta, Telkom University, dan Perseroan Terbatas (PT) Indah Kiat Pulp and Paper Products. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Gedung B3 Lantai 4 Kampus Proklamator II, pada Selasa 05 Maret 2024.

Agenda ini dihadiri oleh Prof. Dr. Diana Kartika, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Adiwijaya S.Si, M.Si, Rektor Telkom University, Armadi S.E., M.E, Ketua Public Relation PT. Indah kiat, dan dosen se-lingkup Universitas Bung Hatta. Mahasiswa/i memadati aula dengan antusias, meskipun kebijakan kampus saat ini sedang melaksanakan pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) pada minggu pertama perkuliahan.

Diana menyambut kedatangan rektor Telkom University dan ketua Public Relation PT. Indah Kiat. Ia juga mengatakan, kemampuan akademik dan soft skill diuji di era teknologi yang sangat kompetitif. Instansi saat ini memanifestasikan kompetensinya untuk bersaing di era society 5.0 di abad 21.

“Selamat datang di kampus proklamator dan ranah minang. Tantangan di era digital sangat bersaing perlu kompetensi akademik dan soft skill yang teruji. Sekarang, perguruan tinggi harus memperhatikan percepatan pencapaian kompetensi abad 21, siap bersaing di era society 5.0 dan turut berkontribusi terhadap tujuan pembangunan,” ucapnya.

Adiwijaya mengatakan, visi nasional excellent entrepreneur mengedepankan inovasi terbuka mencapai Indonesia maju. Ia juga menambahkan, wujud dari kerja sama ini menjadikan kontribusi yang mengesankan.

“Tinjauan nasional excellent entrepreneur implikasi open glows mencapai Indonesia maju. Insya allah bersama-sama saya sangat yakin bersatu dapat menjadikan kolaborasi yang memuaskan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pendidikan merupakan senjata utama mengubah dunia, suatu individu yang terdidik dengan baik menjadikan seseorang dapat mengonversikan dunia. Kemudian ia juga memaparkan, mencollege data adalah salah satu skill yang diperlukan hingga menghasilkan keuntungan.

“Pendidikan yang merupakan salah satu senjata penting merubah dunia, jika seseorang teredukasi bisa menjadikan kita dapat mengubah dunia. Mencollege data yaitu keterampilan sangat penting yang mampu menghasilkan uang,” paparnya.

Armadi menjelaskan, PT. Indah Kiat bagian dari pilar bisnis Sinar Mas dengan unit yang berlokasi di tiga kota. Lebih lanjut ia menjelaskan, yang menjadi perbedaan Terawang dengan perusahaan lain karena lebih terintegrasi dengan berbahan dasar alam.

“Perusahaan ini merupakan bagian dari pilar bisnis Sinar Mas yang cabangnya ada di tiga pusat yakni Tangerang, Semarang dan Terawang. Kemudian untuk dibagian Terawang yang membedakan dengan perusahaan lainnya yaitu lebih terstruktur mulai dari bahan baku yaitu kayu alam,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, mampu menentukan jurusan yang tepat sasaran untuk bekerja di industri. Ia memberi saran, mahasiswa terlebih dahulu mensearching mengenai dunia industri.

“Pastikan kualifikasi jurusan yang akan diambil saat perguruan tinggi sesuai dengan kebutuhan industri. Cari tahu terlebih dahulu lebih dalam apa itu industri, dan hal-hal yang terkait dengan dunia tersebut,” ungkapnya.

Salsabila, mahasiswi Universitas Bung Hatta Program Studi (Prodi) Teknik Kimia, menyampaikan, mendapatkan ilmu dan pertama kali berjumpa rektor baru. Ia juga mengutarakan, pihak panitia seharusnya menyediakan air mineral untuk peserta yang berpastisipasi pada kegiatan ini.

“Senang karena dapat menambah pengetahuan dan pertama kali melihat rektor baru Universitas Bung Hatta. Selanjutnya, mungkin panitia pelaksana dapat menyediakan minum demi kenyamanan peserta dalam menyimak materi, ” katanya.

Khozinul Asror, Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), mengutarakan, kegiatan ini menambah pengalaman dan relasi. Lebih lanjut ia berharap, kegiatan seperti ini sering diadakan dan mengundang pemateri yang luar biasa.

“Menambah pengalaman dan teman melalui kuliah umum ini. Bekal-bekal materi yang diberikan sangat bagus, semoga kegiatan seperti ini sering diadakan dengan mengundang pemateri top,” tutupnya.

 

Cawan WP: Sabrina Hunafa
Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Aksi Kepedulian: Universitas Bung Hatta Lakukan Pendataan Mahasiswa Korban Banjir
Pantun Jenaka

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Aksi Kepedulian: Universitas Bung Hatta Lakukan Pendataan Mahasiswa Korban Banjir
Pantun Jenaka
Menu