Universitas Bung Hatta Beri Sambutan Hangat kepada Mahasiswa PMM Inbound 4

Cawan WP: Evana Elita Idisri
450
Sumber Foto: Evana Elita Idisri

WAWASANPROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Inbound 4. Acara ini diadakan di Gedung Balairung Caraka, Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, pada Jumat 01 Maret 2024.

Kegiatan kali ini mengusung tema Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya. Kegiatan dihadiri oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Diana Kartika Arma, Wakil Rektor (WR) III, Dr. Ir. Hidayat, M.T., IPM, Ketua Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Dr. Syukma Netti, S.Pd., M.Si, Koordinator PMM inbound 4, Zulfadli, S.Kom., M.Sc, serta dekan, Ketua Program Studi (Kaprodi) dari setiap fakultas dan beberapa lembaga se-lingkup Universitas Bung Hatta.

Diana menyampaikan, terdapat 41 mahasiswa PMM inbound 4 kali ini dan mereka bisa mendapatkan nilai-nilai kebunghattaan di Universitas Bung Hatta. Ia menambahkan, mahasiswa juga bisa mencoba kuliner dan mengikuti jejak tokoh nasional Minangkabau.

“Mahasiswa PMM inbound 4 yang akan menimba ilmu di Universitas Bung Hatta sebanyak 41 orang dan selama di kampus ini bisa mendapatkan nilai kebunghattaan yaitu jujur, santun dan disiplin. Selain itu, dapat mengikuti jejak tokoh nasional asal Minangkabau dengan mengunjungi rumah kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi serta juga bisa mencoba makanan khasnya” terangnya.

Netti menyampaikan, agar mahasiswa selalu berkomunikasi dengan dosen jika terjadi sesuatu hal. Ia juga menambahkan, tujuan Program Kerja (Proker) tersebut adalah untuk mengenal kebudayaan Indonesia

“Diharapkan kepada mahasiswa PMM dapat memberitahukan kepada dosen jika terdapat kendala atau permasalahan. Program ini bertujuan untuk mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia bukan semata-mata untuk berdarmawisata saja,” tuturnya.

Zulfadli menyampaikan, rasa syukur dan terima kasih ketika Universitas Bung Hatta dipercayakan negara untuk menitipkan generasi bangsa. Ia juga menambahkan, Universitas Bung Hatta merupakan satu-satunya kampus yang dipercaya untuk melakukan PMM di Sumatera Barat (Sumbar).

“Sangat bersyukur dan berterima kasih ketika negara memberikan kepercayaan untuk menitipkan anak bangsa di Universitas Bung Hatta. Kampus Proklamator merupakan satu-satunya yang dipercaya oleh kementerian pengelolaan PMM inbound 4 di Sumbar,” jelasnya.

Agustina Puspa Mentari, mahasiswi PMM inbound 4 Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) asal Universitas Sebelas Maret (UNS), menyampaikan, apabila mahasiswa PMM melakukan kesalahan diharapkan untuk tidak segan ditegur. Ia juga menambahkan, agar teman-teman mahasiswa PMM dapat saling berkomunikasi dan sharing informasi.

“Ketika kami melakukan kesalahan mohon untuk tidak segan ditegur serta mahasiswa PMM bisa berbaur dengan sesama mahasiswa lainnya. Harapannya, teman-teman PMM dapat beradaptasi dan berbagi terhadap pengetahuan yang ada agar terdapat transformasi, lebih baik” ujarnya.

Selaras dengan Agustina, Rafi Galuh Arizky, mahasiswa PMM inbound 4 Prodi Hukum asal Universitas Buana Perjuangan (UBP), menyampaikan, rasa senangnya bisa mendapatkan banyak teman. Ia berharap, bisa mempelajari bahasa dan adat kebudayaan minang.

“Merasa sangat senang dikarenakan bisa mendapatkan teman baru. Harapan saya kedepannya, bisa mempelajari bahasa dan tradisi dari budaya minang sendiri,” ucapnya.

Priskalia Grasiana Nur, mahasiswa PMM inbound 4 Lintas Jurusan (Linjur) Prodi Teknik Elektro dan Teknik Rekayasa Konstruksi Jaringan asal Universitas Nusa Cendana Kupang (Undana), menyampaikan, rasa sangat senang ketika bisa mengikuti PMM dikarenakan bisa mempelajari budaya dan mendapatkan relasi baru. Ia juga berharap, bisa bekerja sama dan saling membantu sesama mahasiswa.

“Sangat menyenangkan karena bisa mempelajari budaya baru dan berteman dengan mahasiswa diluar pulau. Harapannya, agar bisa berkolaborasi dengan mahasiswa PMM ini dan bisa merangkul menjadi saudara,” jelasnya.

 

Cawan WP: Evana Eita Idisri
Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Bebas dari Hoaks: LPM Gema Justisia Adakan Pelatihan Cek Fakta
Masuki Semester Genap 2023/2024 Rektor Universitas Bung Hatta Terbitkan Surat Edaran: Perkuliahan Kombinasi Daring dan Luring

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Bebas dari Hoaks: LPM Gema Justisia Adakan Pelatihan Cek Fakta
Masuki Semester Genap 2023/2024 Rektor Universitas Bung Hatta Terbitkan Surat Edaran: Perkuliahan Kombinasi Daring dan Luring
Menu