Pentingnya Melatih Kepemimpinan dalam Organisasi, FTI Adakan LDO

Cawan WP: Fikri Qomari Anwar
372
Sumber Foto: Fitri

WAWASANPROKLAMATOR,- Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Bung Hatta mengadakan Latihan Dasar Organisasi (LDO). Acara ini dilaksanakan di Ruang Sidang FTI, pada Jumat 27 Januari 2024.

Kegiatan ini mengusung tema Level Up Yourself to Be Great Leader Tingkatkan Dirimu Menjadi Lebih Baik. Acara LDO ini di isi dengan beberapa narasumber yaitu Adri S, Hafidz Gunawan dan Muhammad Yusrizal.

Adri, menyampaikan, terdapat dua macam perangkat dalam organisasi. Perangkat lunak merupakan aturan yang terikat dalam Undang-Undang (UU) dan perangkat keras yaitu anggota sebagai penggerak dari jalannya sebuah organisasi.

“Organisasi itu terbagi menjadi perangkat lunak dan keras. Perangkat lunak adalah aturan mengikat dalam UU sedangkan yang keras merupakan pengurus secara keseluruhan baik inti menjadikan organisasi sebagai penggerak dalam mencapai kesuksesan,” ujarnya.

Hafiz, mengujarkan, pemimpin yang baik dapat mendengarkan aspirasi dari masyarakat untuk mewujudkan demokrasi, berbeda dengan otoriter. Negara demokrasi wajib memberikan hal yang terbaik kepada masyarakatnya.

“Seorang pemimpin dalam kepemimpinan demokrasi mampu mendengarkan suara dari rakyatnya, bukan dengan otoriter yang berkuasa secara mutlak. Negara berdaulat yang demokrasi dalam pemerintahnya wajib memberikan perlindungan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakatnya,” ujarnya.

Rizal, mengatakan, penyelesaian dasar suatu masalah adalah mencari titik inti persoalannya terlebih dahulu. Ia menambahkan, sebuah masalah harus dihadapi dengan menjadikannya tantangan dalam diri.

“Hal dasar yang harus dilakukan dalam memecahkan masalah terlebih dahulu menjadikannya sebagai tantangan kemudian tentukan opsi penyelesaian. Oleh karena itu, masalah harus dihadapi bukan melarikan diri, jadikan hal tersebut sebagai tentangan yang harus dilalui,” tuturnya.

Fitri, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan (TRET) angakatan 2022, mengatakan, telah mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara kepemimpinan yang baik. Penyampaian pemateri sangat tepat memberikan cara pandang yang berbeda.

“Kesan dalam mengikuti kegiatan ini sangat banyak, salah satunya mendapatkan pengetahuan tentang keorganisasian dalam kepemimpinan. Sebelumnya tidak mengerti apa-apa kini paham tentang bagaimana cara kepemimpinan yang baik dalam himpunan jurusan,” tuturnya.

Selaras dengan Fitri, Rivaldo Afri Jones, Prodi-TRET angkatan 2022, menuturkan, agar kedepannya acara ini menjadi kewajiban bagi mahasiswa yang lain guna mendapatkan pengetahuan tentang cara kepemimpinan. Ia sangat antusias terhadap materi dari penyampain pemateri yang sangat baik.

“Harapan kedepannya pihak kampus maupun jurusan menjadikan acara LDO ini sebagai acara tahunan karena disini sangat menentukan cara kepemimpinan. Penyampaian materi sangat baik, sehingga memberikan antusias kepada pendengar,” tutupnya.

Cawan WP: Fikri Qomari Anwar

Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Kabar Duka, Ir. Yaddi Sumatri, M.TP. Dosen Prodi Arsitektur Meninggal Dunia
Musyawarah Besar UKM KSR-PMI Unit Universitas Bung Hatta Proklamator Tetapkan Syakinah Sartika sebagai Komandan Terpilih 2024/2025

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Kabar Duka, Ir. Yaddi Sumatri, M.TP. Dosen Prodi Arsitektur Meninggal Dunia
Musyawarah Besar UKM KSR-PMI Unit Universitas Bung Hatta Proklamator Tetapkan Syakinah Sartika sebagai Komandan Terpilih 2024/2025
Menu