Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound 3 Berakhir dengan Festival Budaya Nusantara yang Meriah

Cawan WP: Syifa Salsabilla
419
Sumber Foto: YouTube Universitas Bung Hatta TV

WAWASANPROKLAMATOR,- Universitas Bung Hatta adakan kegiatan Festival Budaya Nusantara dalam rangka penutupan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Inbound 3. Acara ini diadakan di Balairung Caraka, Kampus Proklamator I, Universitas Bung Hatta, Sabtu (13/01/2024).

Agenda ini dihadiri oleh, Wakil Rektor (WR) III Dr. Hidayat, S.T., M.T., IPM., Ketua Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Dr. Syukmanetti, S.Pd., M.Si., Koordinator (Koor) PMM 3 Zulfadli, S.Kom., M.Sc, dan dosen serta mahasiswa PMM 3. Kegiatan ini juga menampilkan tarian minang dan penampilan pakaian adat dari berbagai kebudayaan Indonesia oleh mahasiswa PMM 3.

Zulfadli, mengatakan, mahasiswa PMM 3 sekembalinya ke daerah asal bisa mewariskan rasa cinta terhadap Minangkabau. Ia juga menyampaikan, di Minangkabau masih ada keluarga besar.

“Harapan saya anak PMM 3, ketika kembali ke daerah asal dan pangkuan keluarganya, mereka dapat menyampaikan kecintaan kepada Sumatra Barat (Sumbar) serta Minangkabau. Ada keluarga besar ditinggalkan di ranah Minangkabau yang telah menjadi tempat untuk tinggal beberapa saat,” katanya.

Syukmanetti, menyampaikan kepada mahasiswa PMM 3 agar dapat mencapai kejayaan. Ia juga mengajak Program Studi (Prodi), untuk memberikan reparasi yang apik di PMM selanjutnya.

“Semoga para mahasiswa PMM 3 ini dapat tumbuh menjadi orang-orang yang membanggakan dan sukses. Kepada prodi mari kita berikan pelayanan terbaik untuk mahasiswa PMM berikutnya,” ungkapnya.

Hidayat, memaparkan, adanya pengembangan lebih lanjut dari program pertukaran ini. Ia juga menuturkan, kebanggannya kepada mahasiswa Universitas Bung Hatta yang mampu mengikuti program pertukaran ke kampus yang memiliki reputasi bagus.

“Program pertukaran pelajar ini agar dapat dikembangkan lagi. Bukan hanya menerima kita juga mengirimkan mahasiswa keluar ke kampus yang bergengsi, merupakan suatu kebanggan untuk Universitas Bung Hatta,” paparnya.

Salah satu mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam), Raflianto, mengungkapkan, rasa sukacita telah mengikuti kegiatan PMM 3 di Universitas Bung Hatta. Ia juga berharap agar bisa kembali lagi ke Sumbar.

“Kegiatan PMM ini sungguh menarik karena adanya jalan-jalan di Sumbar ke tempat-tempat bersejarah dengan lingkungan alam yang masih sangat terjaga, membuat semua kegiatan ini berkesan bagi saya dan senang bertemu orang baik di program ini. Semoga nanti bisa kembali ke sini, banyak tempat dan orang baik yang ingin saya temui,” katanya.

Peserta lainnya, mahasiswi Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar, Echa Bintang Theona, menuturkan, rasa syukurnya dapat bertemu orang-orang baik dan kekaguman akan kekayaan Indonesia. Ia juga berharap, agar program PMM dapat terus berkesinambungan.

“Alhamdulillah saya dipertemukan dengan orang-orang baik di sini, bisa melihat langsung kekayaan Indonesia berupa persamaan dan perbedaan budaya antar suku dan pulau. Harapan saya, semoga program ini terus berlanjut untuk menumbuhkan pilar-pilar generasi muda pemersatu bangsa,” tuturnya.

Cawan WP: Syifa Salsabilla
Wawasanproklamator.com Jauh Lebih Dekat

TAGS:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Berita Terkait

Capai Keakraban Hingga Bekali Pengetahuan, UKM-Diorama Proklamator Laksanakan PDMK
Pengurus UKPM Wawasan Proklamator Periode 2023/2024 Resmi Demisioner

TERBARU

Iklan

TERPOPULER

Berita Terkait

Capai Keakraban Hingga Bekali Pengetahuan, UKM-Diorama Proklamator Laksanakan PDMK
Pengurus UKPM Wawasan Proklamator Periode 2023/2024 Resmi Demisioner
Menu